IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MAN MODEL BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

  • Ahmad Syatori IIQ Jakarta
  • Sadari IIQ Jakarta
  • Taufiq Ridwan IIQ Jakarta
Keywords: Pendidikan, Multikultural, MAN Ciwaringin

Abstract

Pendidikan multikultural, sebagai sebuah konsep, dipahami dan dimengerti orang dengan beragama cara. Pemahaman seseorang atau sekelompok orang tentang konsep ini sangat dipengaruhi oleh pemahamannya tentang konsep multikulturalisme, sebab merupakan konsep dasar yang menjadi latar belakang munculnya istilah pendidikan multikultural. Jadi, untuk mengetahui bagaimana dan sejauh apa implementasi konsep pendidikan multikultural oleh seseorang atau sekelompok orang, maka terlebih dahulu mesti diketahui bagaimana pemahaman mereka mengenai konsep dan ide-ide tentang multikulturalisme dan konsep pendidikan multikultural. 

Dalam konteks penelitian ini, orang atau kelompok orang itu mengacu pada kategori siswa, guru, pengurus madrasah dan komite madrasah MAN Model Babakan Ciwaringin Cirebon. Karena pertimbangan alur pikir inilah maka penelitian ini berusaha untuk menganalisis dan mengurai masalah penelitian pada tiga level data sekaligus. Pertama, data mengenai pemahaman dan sikap subyek penelitian mengenai ide-ide multikulturalisme. Kedua, data mengenai pemahaman dan sikap subyek penelitian mengenai konsep pendidikan multikultural, dengan proses pencarian dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik survey dengan penyebaran kuesioner yang didukung oleh data hasil wawancara mendalam (indept interview) dan FGD (Focus Group Discussion). Ketiga, data mengenai implementasi atau penerapan konsep pendidikan multikultural dalam proses belajar mengajar di MAN Model Babakan Ciwaringin Cirebon. Selain dari hasil wawancara mendalam (indept interview), data pada level ini juga ditunjang dengan data hasil FGD (Focus Group Discussion), pengamatan terlibat dan studi dokumen

References

Abidin, Saiful, Penerapan Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R. Tilaar Pada Madrasah, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Amini, Ernie Isis Aisyah, Analisis Kebutuhan Pendidikan Multikultural Berbasis Kompetensi Pada Siswa SLTP, Singaraja: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja, 2005.
Bennet, Tony. “Popular Culture: Themes and Issues” dalam Popular Culture Arts in Amerika, Open University Press, Milton Keyes, 1982.
Berger, Social Construction of Reality, England: Penguin Books, 1966.
Banks, James A. (ed.), Multicultural Education: Issues and Perspectives, Boston-London: Allyn and Bacon Press, 1989.
Creswell, John W., Research Design, Quantative and Qualitative Approaches, London: Sage Publication, 2003.
Darmaningtyas, Pendidikan Pada Dan Setelah Krisis, Yogyakarta, 1999.
Geertz, Clifford, „The integrative Revolution: Primordial
Sentiments and Civil Politics in the New State‟ in The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books, 1973.
Gollnick, Donna M, Multicultural Education in a Pluralistik Society. London: The CV Mosby Company, 1983.
Hasan, Hamid, Pendekatan Multikultural Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional, makalah disampaikan pada seminar Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, 2001.
Hall, Stuart, “Cultural Identity and Diaspora” dalam Kathryn Woodward dkk. Identity and Diaspora. London: SAGE Publication, 1999.
Karner, Christian, Ethnicity and Everyday life, Routledge, London, UK, 2007.
Lubis, Akhyar Yusuf, Dekonstruksi Epistemologi Modern: dari Posmodernisme, Teori Kritis, Poskolonial hingga Cultural Studies, Jakarta: Pustaka Indonesia Satu, 2006.
Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Neuman, W. Lawrence, Social Research Methods.
Massachusetts: Allyn and Bacon, 1991.
Parekh, Bhikhu, Rethingking Multiculturalism, Yogyakarta: Kanisius, 2008.
Rossman, Gretchen, B. and Sharon F. Rallis, Learning in the Field, London: SAGE Publications, Ltd, 2003.
Sealy, John, Religious Education Philosophical Perspective, London: George Allen & Unwin, 1985.
Sumartana at al., Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Shaw, Ian and Nick Gould, Qualitative Social Work Research, London:SAGE Publications, 2001.
Published
2016-12-30
Abstract viewed = 21 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 4 times
How to Cite
Ahmad Syatori, Sadari, & Taufiq Ridwan. (2016). IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MAN MODEL BABAKAN CIWARINGIN CIREBON . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 1(2), 101-138. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2195

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>