Keharusan Pembaharuan Fikih (Tajdid Fiqh) Yang Selalu Berkembang

  • Radhia Busyra Muchtar Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Risyda Nurul Qolbi Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Siti Lutfiah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Nirdukita Ratnawati Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Kata Kunci: Fikih, Tajdid

Abstrak

Kajian fikih bersifat dinamis, berkembang, dan boleh dilakukan ijtihad kembali oleh mujtahid kontemporer di masa mendatang bila dibutuhkan. Adanya fikih adalah sebagai pedoman manusia dalam bermuamalah dengan manusia lainnya, dimana hubungan tersebut terus berkembang dan mengalami banyak pembaharuan. Tulisan ini hendak menjabarkan apa yang dimaksud dengan pembaharuan fikih, dasar hukumnya, dan pandangan ulama terkait keharusan pembaharuan fikih yang selalu berkembang, serta bagaimana contoh kasusnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi dokumen dengan pendekatan yuridis-normatif. Sumber primer penelitian ini adalah kitab-kitab baik klasik maupun kontemporer yang berkaitan dengan fiqh dan ushul fiqh khususnya terkait tajdid al-fiqh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kehidupan mengharuskan untuk menerima dan juga memilah sesuatu yang dianggap baru. Dalam ranah fikih, tajdid diperlukan selama tidak berseberangan dengan nash syar`i yang qath`i, yang bertujuan untuk kemaslahatan ummat bersama. Kebutuhan untuk merekonstruksi fikih dianggap sebuah keharusan manakala terdapat kesulitan yang sangat dalam penerapannya

Referensi

Abidin, Ibnu. Nasyr al-`Urf. Juz 2.
Atthiya Jamal & az-Zuhaily, Wahbah. Tajdid al-Fiqh al-Islami. Damsyik: Dar al-Fikr. 2000.
Harisudin, M. Noor. “Rekonstruksi Fiqh Dalam Merespon Perubahan Sosial”. ASY-SYIR`AH: Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum. 2016. 50 (1): 90-96.
Al-Jabiri, Muhammad Abid. Takwin al-`Aql al-`Arabi. Beirut: Al-Markaz al-Tsaqafî al-`Arabî.
al-Jauziyah, Ibnu al-Qayyim. A`lam al-Muwaqi`in. Beirut: Dar al-Kutub al-`Ilmiyyah. 1993. Juz 2&3. Cet. Ke-2.
Jamil, Muhammad, dkk. Fikih Kontemporer. Medan: Manhaji. 2017.
al-Jawi, Syaikh Nawawi al-Bantani. Nihayat al-Zain Fi Irsyad al-Mubtadiin. Beirut: Dar al-Fikr. tt.
Jum’ah, Ali. Aliyat al-Ijtihad. al-Risalah. 2004. Cet. Ke-1.
Jum’ah, Ali. Qadhiyatu tajdîd Ushûli’l Fikih. Dâru’l Hidâyah. 1993.
Mudawam, Syafaul. “Syariah-Fikih-Hukum Islam Studi Tentang Konstruksi Pemikiran Kontemporer”. Jurnal Syariah. 2012. 46 (2).
al-Qaradhawi, Yusuf. Al-Ijtihad fi asy-Syari`ah al-Islamiyyah Ma`a Nazhrat Tahliliyah fi al-Ijtihad al-Mu`ashir. Kuwait: Dar al-Qalam. 1996.
al-Qardawi, Yusuf. Fiqh Az-Zakat I. Beirut: Muassasah Ar-Risalah. 1994.
Rofiq. Fiqh Kontekstual Dari Normatif Ke Pemakaan Sosial.
Rusyd, Ibnu. Bidayat al-Mujtahid.
as-Sajistani, Abu Daud. Sunan Abu Daud. Dar ar-Risalah al-`Alamiyah. Jilid 6.
Syabir, Muhammad Utsman. Al-Mu’āmalat al-Māliyah al-Mu’āshirah: Fî al-Fiqh al-Islāmî. Yordan: Dār al-Nafāis. 2001. Cet. 4.
Syafi’ie, Abdullah. Pembaharuan Hukum di Indonesia: Tradisi Keislaman dan Keindonesiaan, (Catatan Pinggir Diskusi Dosen 10 Oktober 2013).
al-Yassu’I, Louwis Ma’luf & al-Yassu’I, Bernard Tottel al-Yassu’i. Al-Munjîd fîl Lughoh wa al-A’lam. Beirut: Dār El-Machreq Sarl Publishers. 1986.
Az-Zuhaili, Wahbah. Al-Fiqh Al-Islami wa Adilatuhu. Damaskus: Dār Al-Fikr. 1985. Juz 1. Terj. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani. 2010. Jilid 1.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tajdid Al-Fiqh Al-Islamy. Bairut: Dar Al-Fikr.
Diterbitkan
2023-08-25
Abstrak viewed = 369 times
PDF downloaded = 298 times