Konsep Membentuk Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an

  • Siti Rahmah Institut Ilmu Al Quran Jakarta

Abstract

Akhlak merupakan kerangka dasar ajaran Islam yang memiliki kedudukan sangat penting, disamping aqidah. Rasulullah Saw mengisyaratkan bahwa kehadirannya di muka bumi ini membawa misi pokok, yaitu; menyempurnakan akhlak manusia yang mulia. Berbagai perilaku destruktif, seperti premature immoralities, alkoholisme, seks bebas, narkoba, aborsi sebagai penyakit sosial yang harus diperangi secara bersama-sama. Sehingga kenyataan ini menjadikan banyak orang yang tidak lagi mempercayai kemampuan pemerintah, untuk menurunkan angka kriminalitas serta berbagai penyakit sosial.Pendidikan karakter menurut Al-Qur’an bukan hanya sekedar mengajarkan atau memberikan pengetahuan tentang baik dan buruk, melainkan membiasakan, menyontohkan, melatihkan, menanamkan, dan mendarahdagingkan sifat-sifat yang baik, dan menjauhi perbuatan yang buruk. Pendidikan karakter dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah adalah pendidikan pembiasaan, pendarah dagingan, praktik, internalisasi dan transformasi nilai-nilai yang baik kedalam diri seseorang. Proses pembentukkan karakter menurut Al-Qur’an diantaranya adalah adanya pengenalan, pemahaman, penerapan, pembiasaan, pembudayaan, Internalisasi menjadi karakter. Melalui pendidikan karakter ini diharapkan dapat dilahirkan manusia yang memiliki kebebasan untuk menentukan pilihannya, tanpa paksaan, disertai rasa penuh tanggung jawab. Yaitu manusia-manusia yang merdeka, dinamis, krestif, inovatif dan bertanggung jawab terhadap Tuhan, diri sendiri, manusia, masyarakat, bangsa dan Negara.

References

A.Qodri Azizy, Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Emiel Ahmad, (Jakarta: Khatulistiwa Press, 2013)

Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyatul Aulad fi al-Islam, (Kairo: Darussalam, 2010)

Abu Hamid ibn Muhammad al-Ghazali. Mengobati Penyakit Hati Tarjamah Ihya Ullûm al-Dîn, dalam Tahdhib al-Akhlaq wa Mualajât Amradal-Qulûb tejemahan Muhammad Al-Baqir (Bandung: Karisma, 2000)

Abuddin Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-Isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013)

Abudin Nata, Pendidikan dalam Prespektif Hadith (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005)

Abudin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009)

Afid Burhanuddin, Proses Pembentukkan Karakter,

Agus Setiawan, Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji, Dinamika Ilmu Vol. 14. No 1 (Samarinda: 2014)

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)

Ali Khalil Abu Ainain, Falsafah al-Tarbiyah fi Al-Qur’an al-Karim, (Mesir: Dar Fikr al-Arabi, 1985)

Anggi Fitri, Pendidikan Karakter Prespektif Al-Qur’an Hadis, Vol.1 (Riau: Pascasarjana UIN Sultan Syarief Kasim, 2018), diaskes 12 Maret 2019, Pukul 10.32

Asmawati Suhid, “Adab dan akhlak Islam dalam pendidikan Islam, Satu Kajian Kesehatan di Selangor”, Jurnal CITU, Centre for Islamic Trought and Understanding, UiTM. Jilid 2, No. 1, Januari 2006

Azymardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta: Kalimah, 2004)

Doni Koesoema, A., Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo, 2007), cet. 1

Fatchul Mu’in. Pedidikan Karakter Kontruksi Teoritik dan Praktek. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)

Fihris, Pendidikan Karakter di Madrasah Salafiyah, (Semarang: PUSLIT IAIN Walisongo, 2010)

FK. Kalidjernih,Cakrawala Baru Kewarganeraan, Refleksi Sosiologis Indonesia, (Jakarta: Regina, 2007)

Gede Raka dkk, Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan, (Jakarta: PT Eles Media Komputindo, 2011)

Haedar Nasir, Laptop Dewan (Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat, 23 Maret 2007) hal. 1, Dalam Sigit Dwi Kusrahmadi. Dinamika Pendidikan No. 1/Th. XIV/Mei 2007

Haedar Nasir, Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yogyakarta: Multi Presindo, 2013)

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Mencerdaskan Bangsa (Jakarta: Rineka Cipta, 2012)

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi

Ibnu Miskawaih, Tahdhib al-Akhlak wa Tâhir al-A’râq (Beirut: Manshurâh Dâr al-Maktabah, 1398 H), cet. II

Imam Ahmad Ibn Hanbal, Al-Musnad Juz 3, nomor 7406. Lihat juga, Abu Abdullah Muhammad Ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardzibah al-Bukhari al-Jaifi, Shahih Bukhari (Surabaya: Penerbit al-Asriyah, 1981)

Imam Malik Ibn Anas, Al-Muwatta Jilid I, Bab Husnul Khuluq (Beirut: al-Maktabah al-Ilmiah)

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter (TK, TP: 2011)

Latief Dohack, Ekonomi Global (Surakarta: Muhammadiyyah Universitas Press, 2000)

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, (Aucland: Bantam books, 1991)

M. Sayyid Muhammad az-Za‟balawi, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, (Jakarta: Gema Insani, 2007)

Mahmud, H., Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi), (Bandung: Alfabeta. 2014)

Majid, A & Andayani, D. PendidikanKarakter Perspektif Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2012

Mohd. Kamal Hasan. “Peranan Akhlak dalam Pendidik”. Jurnal Pendidikan Islam, 1987 vol. 8

Muhammad Fuad Abdul Baqi, “Hadits Shahih Bukhari Muslim”, Fathan Prima Media: Jakarta, 2015

Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Shahih Sunan Abu Dawud Seleksi Hadis Shahih dari Kitab Sunan Abu Dawud:. Terj. Ahmad Yuswaji, jilid I. Jakarta: Pustaka Azam, 2007

Murthadha Muthahhari, Pengantar Ilmu-Ilmu Islam, (Jakarta: Pustaka al-Zahra, 1424 H/2003 M), cet. I

Ratna Megawangi, Character Parenting Space (Bandung: Mizan Publishing House, 2007)

Ruslan, Ibrahim, “Pendidikan Nilaid Dalam Era Pluralisasi,” Jurnal INSANIA, P3M STAIN Purwokerto, 2007

Sayid Mujtaba Musawi Lari, Menumpas Penyakit Hati, (Jakarta: Lentera, 1990), cet.1

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai Karakter, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, (Bandung: Rosda, 2013)

Thomas Lickona, “The Return of Character Eduacution,” Journal of Educational Leadership, vol. 3/No. 3/November 1993

Thomas Lickona, Character Matters (New York: Simon & Schuster, 2004)

Thomas Lickona, Eric Schaps & Catherine Lewis, “Eleven Principle of Effective Education,” The Character Education

Thomas Lickona, Pendidikan Karakter Panduan Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, (Bandung: Nusa Media, 2008)

Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur’an, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)

UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Bandung: Citra Umbara, 2006)

Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, (Amzah: Jakarta 2007)

Yoyon Bahtiar Irianto, Pembangunan Manusia dan Pembaharuan Pendidikan (Bandung: Laboratorium Administrasi Pendidikan UPI, 2006

Yusuf Al-Qardawi, Islam dan Globalisasi Dunia, terj. (Jakarta: Al-Kautsar)

Yusuf Qardhawi, Al-qur’an berbicara tentang akal dan ilmu pengetahuan (Jakarta: Gema insani, 1998

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2012)

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract viewed = 23 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 23 times