Implementasi Pembelajaran Inklusif di SD Pelita Bangsa Global Islamic School (GIS) Tangerang Selatan

  • Itsam Samrotul Fuadah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Esi Hairani Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Pembelajaran Inklusif, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

In this study the researchers attempted to investigate, find, describe, and explain how SD Pelita Bangsa Global Islamic School (GIS) implements inclusive education learning properly so that the school's existence is still good until now, even more than 2 prospective students with special needs per year who list and want to go to school at the school and the majority of all students with special needs are complete until grade 6. The research uses descriptive research with the data analysis technique model of Miles and Huberman, namely the analysis consists of three flow activities that occur simultaneously, namely: data reduction, data presentation, withdrawal . The results of this study indicate that SD Pelita Bangsa GIS has attempted to plan lessons, especially in Arabic language subjects that are appropriate for students with special needs as described in the General Guidelines for the Implementation of Inclusive Education by the Directorate of PPK-LK Basic Education, Ministry of Education and Culture in 2014 Then, the implementation of inclusive learning, especially in Arabic subjects at SD Pelita Bangsa GIS, has been done well. And lastly, SD Pelita Bangsa GIS has carried out relevant assessments and reports of what schools implementing inclusive programs should do.

References

Alfian. “Pendidikan Inklusif di Indonesia” dalam Jurnal Edu-Bio. Vol. 4 Tahun 2013.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakaya. 2014
B. Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012
Baharun, Hasan dan Robiatul Awwaliyah, “Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam”, dalam jurnal MODELING. Jurnal Program Studi PGMI Volume 5. Nomor 1. Maret 2018
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Tulkit LIRP-Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Pengembangan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran, Buku Khusus 3: Mengajar Anak-Anak dengan Disabilitas dalam Setting Inklusif. Jakarta: IDPN Indonesia. Arbeiter-Samariter-Bund. Handicap International. Plan Indonesia. 2009
Direktorat PPK-PLK, Buku Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (sesuai Permendiknas no 70 tahun 2009), (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011), hlm.28
Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011), hlm.3
Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011
Garnida, Dadang. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Refika Aditama. 2018
Dwilestari, Ninin. Penelitian Kualitatif: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2013
Fathoni, Abdurahman. Metodologi Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data. Jakarta: Rineka Cipta. 2006
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Sistem
Handayani, Titik dan Angga Sica Rahadian. “Peraturan Perundang-undangan dan Implementasi Pendidikan Inklusif” dalam Jurmal Masyarakat Indonesia. Volume 39, No. 1, Juni 2013
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005
Husain Muslim, Al Imam Abi bin Al Hajja. Shahih Muslim. Kairo: Daar Ibnu Al Haitam. 2001.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013
Kustwawan, Dedy. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: PT. Luxima Metro Media. 2016
Manzilati, Asfi. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press. 2017
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010
Martiyono. Perencanaan Pembelajaran Pendekatan Praktis Merencanakan Pembelajaran dan Pembelajaran Tematik Berdasarkan KTSP. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2014
Nazir, Moh. Metode Penelitian
Nugroho, Agung dan Lia Mareza, “Model dan Strateg Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi”, dalam jurnal Pendidikan DasarPerkhasa Volume 2, No.2. Oktober 2016,
Olivia, Stella. Pendidikan Inklusi untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus-Diintegrasikan Belajar di Sekolah Umum. Yogyakarta: CV Andi Ofset. 2017
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pergub Banten Nomor 74 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Provinsi Banten
Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta didik yang memiliki kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan/Bakat Istimewa
PP No. 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas
Praptiningrum, N. “Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus” dalam Jurnal Pendidikan Khusus Vol. 17 No. 2 Nopember 2010, 33
Rahim, Abdul. “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua”. dalam Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 3, Nomor 1. September 2016
Roza, Aslina dan Rifma. “Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Majamen Sekolah Inklusif”. dalam (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 5. Nomor 1 Januari 2020
Salamah,Umi. “Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan”. dalam Jurnal Evaluasi. Vol.2. No. 1. Maret 2018
Setiadi, Hari. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013”. dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20. No 2. Desember 2016
SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Nomor: 421/Kep.560-Bid.SD/2017
Sudaryono. Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2018
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Allfabet. 2013
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011
Sumadi, Suryabrata. Metodologi Penelitian Jakarta : PT Raja Grafindo Persad. 2000
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Depdiknas No. 380/C C6/MN/2003 tanggal 2 Januari 2003 Perihal Pendidikan Inklusif
Taufiq, Agus dkk. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbua. 2011
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Kurikulum dan Pembelajaran
Tiwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015
Umami, Muzlikhatun. “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013”. dalam Jurnal Kependidikan Vol.6 No.2 November 2018
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas
UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
UUD 1945 (Amandemen) Pasal 31
Yusraini. “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif”. dalam jurnal Media Akademika. Vol. 28. No. 1. Januari 2016
Published
2021-01-06
Abstract viewed = 412 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 431 times
How to Cite
Itsam Samrotul Fuadah, & Esi Hairani. (2021). Implementasi Pembelajaran Inklusif di SD Pelita Bangsa Global Islamic School (GIS) Tangerang Selatan. Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 91-122. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n1.91-122