Implementasi Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di SMP Al-Syukro Ciputat
Abstract
This study tries to understand: (1) The purpose of implementing curriculum integration in Ciputat Al-Syukro Middle School; (2) Knowing the level of effectiveness of curriculum integration in Al-Syukro Ciputat Middle School on student achievement. (3) Knowing the supporting factors and inhibiting factors in implementing curriculum integration in Ciputat Al-Syukro Middle School. This study uses a qualitative method. Data collection techniques are done through observation, in-depth interviews, and observations. From the research conducted by the authors, the following results were obtained: (1) The aim of integrating the 2013 Curriculum and the Cambridge Curriculum at Ciputat Al-Syukro Middle School is to form students who have morality and competitive competitiveness in the era of globalization; (2) The results of the integration of the 2013 Curriculum and the Cambridge Curiulum are effective with graphical evidence of the results of final grades of students who are stable; (3) The strengths of curriculum integration in Al-Syukro Middle School are the ability to reason and English language skills that continue to increase according to the level. While the drawback is the lack of human resources in Ciputat Al-Syukro Middle School.
References
Ahmad, Beni Saebani, Pedoman Aplikatif Metode Penelitian Dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017)
Alauddin, Kerangka Dasar dan Landasan Pengembangan Kurikulum 2013. Volume VI No. 1, edisi Juni 2017
Arifin, Zainal, Penelitan Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: Rosda Karya, 2014
Asqolani, Skripsi Implementasi Kurikulum Cambridge di Madraah Ibtidaiyah Mumtaza Pondok Cabe Pamulang Tanggerang Selatan, tahun 2016
Cambridge International Examination, diakses pada 17 Juli 2019 jam 16:36 WIB
Cheng, Kay, Pisa Ranking: Issues and Effects in Singapore, East Asia and the World, (Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd, 2017)
Drajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
Fadillah, M, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Fitrah, Muh dan Luthfiyah, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, (Jawa Barat; CV Jejak, 2017)
Hairani, Esi dan Reksiana, Modul Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, 2017), hal. 2
Hamalik, Eomar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Depok: Rajawali Pers, 2015)
Ibnu, Trianto Badar at-Taubany, Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah, (Depok: Kencana, 2017)
Indonesia Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. No. 20 tahun 2003 UU20-2003 sisdiknas, pdf, diakses tanggal 4 April 2019
J, Loexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017
Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Kemendikbud, Konsep dan Implementasi Kurikulum, pdf. Diakses pada 20 Mei 2019
Kurnia, Renny Sari dan Yeva Olensia, Potret Cambridge Advanced (Chemistry As and A Level) di Sekolah Mutiara Harapan Riau Tahun Ajaran 2015/2016 , Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia Volum 1, Nomor 1, Tahun 2017
Kurniawan, Asep, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018)
Kusumawati, Naniek, Pengembangan Kurikuum di Sekolah Dasar, (Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika, 2017)
Lichteria, Regina Panjaitan, Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pengantar, (Sumedang: UPI Sumedang Press, 2014)
M, Susan Drake, Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar, Terj. Benyamin Molan (Jakarta: PT. Index, 2013)
M. Marbun, Stefanus, Psikologi Pendidikan, (Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018)
Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018)
Mulyasa, E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Munandar, Arif, Pengantar Kurikulum, (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Narbuko, Cholid dkk, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Noor, Juliansyah, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, (Jakarta: Kencana, 2017)
Nur, Lukman Hakim, Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi, Aspirasi Vol. 4, No 2, Desember 2013
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013, Lampiran IV
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013, Lampiran IV
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)
Putra, Suryadi, Pendidikan Berbasis Karakter dalam Kurikulum 2013, Jurnal Gema, 2018
Raharjo, Rahmat Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2012)
Rahmatullah, Landasan Pengembangan Kurikulum 2013, Ta’limuna Vol. 2 No. 2, September 2018
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2015)
Ruman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2017)
Saefudin, Udin Sa'ud, Inovasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2008)
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktek KTSP), (Jakarta: Prenadamedia Group. 2015)
Shafa, Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013, Dinamika Ilmu. Vol. 14 No. 1, edisi Juni 2014
Subandi, Pengembangan Kurikulum 2013 (Studi Analitis dan Subtantif Kebijakan Kurikulum Nasional), Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 1 Nomor 1, edisi Juni 2014
Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Pernadamedia Group, 2016)
Suharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Semarang: Wida Karya, 2014)
Supangat Rohani, Satu Dekade Perguruan Islam Al-Syukro Universal, (Ciputat Timur: CV Penebar Kata, 2017)
Suyadi, Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013, (Bandung: PT. Rosda Karya, 2017)
Syaifullah, Hamli Yawada’i dan Al-Syukro, (Ciputat Timur: CV Penebar Kata, 2016)
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Umar, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif, (Yogyakarta: Deepublish, 2016)
Wahyudin, Dinn, Landasan dan Kebijakan Manajemen Kurikulum, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)
Wangsa, Teguh Gandhi, Filsafat Pendidikan: Mahzab-Mahzab Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Widyastono, Herry, Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), hal. 131
Yunus, Hamzah dan Heldy Vanni Alam, Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Deepublish, 2015)