Active Learning Teach Like Finland

Sebuah Telaah Kurikulum 2013

  • Syarifah Syarifah

Abstract

Pembelajaran aktif menjadi suatu keharusan di dunia global yang telah memasuki semua lini kehidupan manusia. Teknologi, ketrampilan dan sikap secara aktif menjadi landasan pendidikan di sebuah lembaga sekolah. Pembelajaran aktif merupakan sebuah bentuk modul bagaimana memperkenalkan belajar aktif, bagaimana menjadikan peserta didik aktif sejak awal, bagaimana membantu siswa mendapatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap secara aktif dan bagaimana menjadikan belajar menjadi kegiatan yang tidak terlupakan adalah sebuah inti dari aktive learning.         Active Learning Teach Like Finland menjadi fenomena dunia ketika peserta didik yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor tertinggi di penyelenggaraan pertama PISA (Programme For International Student Assesment) pada tahun 2001. Ujian itu meliputi penilaian ketrampilan berfikir kritis di matematika, sains, dan membaca. Pendidikan Finlandia memiliki jam pelajaran pendek, PR (Pekerjaan Rumah) tidak banyak, dan ujiannya tidak begitu terstandarisasi dapat mencetak siswa-siswa dengan prestasi yang sangat baik. Prestasi siswa yang baik tidak terlepas dari peran kurikulum sebagai pemandu kegiatan belajar.    Telaah kurikulum 2013 terhadap Teach Like Finland menjadi sebuah analisa antar negara yang memiliki konsep pembelajaran mencerdaskan kehidupan bangsa. Isi materi, pelaksanaan pembelajaran aktif, dan target serta kegunaan lembaga pendidikan bersaing serasi dengan konteks konstitusi antar negara. Negara Indonesia yang berada pada zaman global dan milleanial ditandai dengan kemandirian generasi muda belajar disemua lini kehidupan dunia maya dengan mengkaitkan egosentrisnya menjadi pencetus pembelajaran aktif mendunia.   Telaah Kurikulum 2013 memiliki kekhasan dalam inovasi, kreatifitas dan produktif dalam memenuhi unsur-unsur kurikulumnya. Pusat belajar bukan hanya terletak pada guru, buku-buku menjadi referensi utama dalam penelusuran ilmu peserta didik, kualitas waktu belajar berperan pada observasi mendalam yang dilakukan secara mandiri dan aktif, kelas partisipatif dan kolaboratif antara guru dan peserta didik menjadi rangkaian modul pembelajaran terncana dalam menyerap pemahaman ilmu untuk mendapatkan kecakapan terpadu peserta didik. Active Learning Teach Like Finland menjadi jawaban baru dari beberapa proses pembelajaran aktif yang telah ada dan bermanfaat bagi kemajuan di dunia pendidikan

References

Agus, Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yohyakarta, 2010.

Ahmad, dkk, Pengembangan Kurikulum, Ristata Setia, Bandung, 1998

Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan pengantar mengenai Sistem dan Metode,(Yogyakarta: FIP IKIP,1985

Ismawati, Esmi, Telaah Kurikukulum dan Pengembangan Bahan Ajar, Penerbit

Ombak, Yogyakarta, 2015

Hamid, Hamdani, Pengembangan Kurikulum Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung, 2012

Haryati, NIK, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung, 2014

Johnson, D.W.., Johnson, R.T., & Smith, K.A.., Active Learning:Coopertion in College Class Room, Edina, MN: Interaction Book Company, 1991

Majid, Abdul, Andayani, Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

McKeachie, W. Teaching Tips: A Guidebook for the Beginning College Teacher, Boston: D.C., Heath, 1989

Pike, R., Creative Thinking Techniques Handbooks,Minneapolis, MN: Lakewood Books, 1989

Rickard, H. Rofers., R., Ellis, N. & Beidleman, W., Some Retention But Not enough, Teaching of Psychologu, 1988.

Silberman, L. Melvin, Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, Nusamedia & Nuansa Cendekia, Bandung, 2013

Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz

Media, Yogyakarta, 2017

Syam, Noor, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila,(Surabaya:UsahaNasional,1986)

Sukmadinata, Nana Syaodih Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung:PT Remaja

Rosdakarya, 2004)

Walker, T. (2016c, September 29)., The Ticking Clock of Teacher Burn-out, The Atlantic. Diakses pada 22 Oktober 2016, dari http:// www.theatlantic.com/education/archive/2016/09 the-ticking-clock-of-us-teacher-burnout/502253/

Published
2019-06-29
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times