PENGARUH SPIRITUAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP PGRI KALIMULYA DEPOK

  • Saidatul Lathifah Shobur Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Siti Rohmah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Education, Spiritual Teaching, Learning Outcomes.

Abstract

Immoral phenomena among students are increasingly worrying, such as free sex, narcotics,
brawls and other crimes, which is an educational problem that needs attention from all
parties, especially schools. This study aims to determine whether or not there is an influence
of spiritual teaching on student learning outcomes in grade VIII in PAI subjects at SMP
PGRI Kalimulya, Depok. This research is a research with a quantitative approach. Data
collection uses a questionnaire and documentation method. The analysis technique used is
simple linear regression analysis, by testing the hypothesis using the f test. The results of the
data obtained in the f test regarding the effect of spiritual teaching on student learning
outcomes in PAI subjects were 13.160. It is proven that by calculating the statistical results
with a significance level of 5% with a df of 4.02, H0 is rejected and Ha is accepted, meaning
that there is a significant influence between spiritual teaching on student learning outcomes
in class VIII in PAI subjects at SMP PGRI Kalimulya. From the results of the determinant
(Rsquare) it is concluded that the effect of the variable (X) Spiritual teaching on the variable
(Y) of learning outcomes is 19.6% and the remaining 80.4% is influenced by other factors
not examined by the author

References

Abid, Muhammad Nasikhul. Pengertian Pendidikan Agama Islam Lengkap dengan
Referensinya, dalam artikel Dosen muslim.com (19 September 2017) diakses 1
Juni pukul 22.03.
Al Ikhlas. Pendidikan Agama Islam, ( T.tp. : Zizi Publisher, 2019), h. 4
Ariyati,Dkk., “Pengaruh Spiritual Teaching Guru Al Islam Terhadap Motivasi
Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Metro”, Jurnal Mahsiswa Pendidikan
Agama Islam 2, No. 1, (2021).
Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk
Penulisan Analisis Data dengan SPSS, Cet.I; Yogyakarta: 2019
Fathul Mufid, “Spiritual Teaching dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Islam
Tsamratul Huda Tahunan Japara”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, No.
2, 2016.
Firmansyah, Dani. “Pengaruh strategi pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap
Hasil Belajar Matematika”, Jurnal Pendidikan Unsika 3, No. 1, 2015.
Hanafi, Halid. La Adu, dan Zainuddin, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta:
Deepublish, 2018.
Hendrawan, Sanerya. Spiritual Management: From Personal Enlightenment
Towards God Corporate Governance, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2009
Hidayat, Dudung Rahmat. Dkk, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, Cet. II; T.t.p: PT.
IMTIMA, 2007.
Julhadi. Hasil Belajar Peserta Didik (Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi),
Cet. I; Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020
Mirdanda, Arsyi. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya
dengan Hasil Belajar, (Cet. I; Kalimantan: Yudha English Gallery, 2018), h.
37.
Muhammad, Ahsin Sakho. Ensiklopedi Tematis Al-Qur’an, Jakarta: PT. Kharisma
Ilmu, 2005.
Mukaddar, Muhammad. Pendidikan Islam Spiritual: Sebuah Kajian Kontekstual,
Serang: A-Empat, 2015
Musiriyanda, Farras. “Pengaruh Penggunaan Strategi Spiritual Teaching terhadap
Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Karya Pekanbaru”, (Skripsi Sarjana,
Fakultas Tarbiyah UIN Suska, Riau, 2019)
Nurfatin, Irfan. “Pengaruh Penerapan Strategi Spiritual Teaching terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP
Negeri 22 Bandar Lampung”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah UIN Raden
Intan, Lampung 2018).
Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa”, Jurnal Misykat 03, No. 01, Juni 2017
Pakpahan, Dedek Pranto. Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual
(IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran, Upaya Mewujudkan Manusia Yang
Seutuhnya, Cet. I; Malang: CV. Multimedia, 2021
Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan
Pendidikan Keagamaan Bab I, Pasal 2, ayat (1).
Razak, Ahmad. Dkk.,. “Pentingnya Upaya Keterampilan Spiritual Teaching bagi
Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa”, Seminar
Nasioanal Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas
Peneliti di Era Pandemi Covid-19” (diakses, 16 April 2022).
Sendari, Puji. “Pengaruh Spiritual Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran PAI (Al-Islam ) SMP Muhammadiyah Parakan Tangerang
Selatan”,(Skripsi Sarjana, UIN Jakarta, 2014)
Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, (Cet. I; Yogyakarta: 2020), h.
69.
Wajdi, Farid. Buku Ajar Perencanaan Pengajaran Panduan Di Perguruan Tinggi,
Cet.I; Malang: Ahlimedia Press, 2021
Yamin, Martinis. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Gp Press Group, 2013.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan,
Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2017
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Spiritua
Published
2022-11-28
Abstract viewed = 147 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 256 times
How to Cite
Saidatul Lathifah Shobur, & Siti Rohmah. (2022). PENGARUH SPIRITUAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP PGRI KALIMULYA DEPOK. Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 55-68. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/510