Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa

  • Ida Nurjanah Institut Ilmu Al Quran (IIQ) jakarta
  • Abdul Halim Sholeh Institut Ilmu Al Quran (IIQ) jakarta

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pihak sekolah di MIN 02 Kota Tangerang Selatan bukan hanya memperhatikan aspek kognitif dan psikomotorik saja, tetapi sikap afektif juga sangat diperhatikan. Melalui program budaya sekolah 5S, pihak sekolah menanamkan sikap religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang implementasi program budaya sekolah SS dalam menanamkan sikap religius siswa. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi analisis. Sumber data utama adalah kepala sekolah, bidang kurikulum, dan tiga orang siswa kelas lima. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program budaya sekolah 5S  (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam menanamkan sikap religius siswa di MIN 02 Kota Tangerang Selatan, direalisasikan dalam 4 bentuk kegiatan pengenbangan diri yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengkondisian, dan keteladanan. Untuk mengatasi faktor penghambat tersebut dengan diawali dari para guru untuk selalu melaksanakan program 5S dan adanya upaya dari pihak sekolah mengundang orangtua siswa untuk selalu mengajak kerjasama agar di rumah siswa selalu menerapkan program tersebut. Dengan pelaksanaan program 5S tersebut, siswa menjadi bersikap sopan, lebih rajin dalam melaksanakan ibadah karena adanya dukungan dari pihak sekolah dan pendidik juga melaksanakannya, sehingga siswa meniru atau mencontoh apa yang dilakukan oleh pendidikan.         

References

Adiwikarta, Sudardja. Sosiologi Pendidikan (Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2016. cet. ke-1
Arifin. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Hadi, Saikhul. Keajaiban Senyuman Menguak Rahasia di Balik Senyuman dan Tawa Dalam Bisnis, Kesehatan, dan Penyembuhan. Yogyakarta: Gava Media, 2013
Indonesia. Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. bab II pasal 3. Jakarta: 2003
Jalaluddin. Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Majid, Abdul. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media, 2014
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2006
Pendidikan Nasional, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008
Pendidikan Nasional, Kementerian. Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: 2010
Penyusun, Tim. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Pipit Uliana dan Rr. Nanik Setyowati. ”Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo”. dalam Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 1 tahun 2013
Shihab, M. Quraish. Yang Hilang Dari Kita Akhlak. Tangerang: Lentera Hati, 2016
Sulistyorini, dan Muhammad Fathurrohman. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras, 2012
Sutarno, Alfonsus. Etiket Kiat Serasi Berelasi. Yogyakarta: Kanisius, 2008
Suwarno, Wiji. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2014. cet. ke- 19
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014
Zamroni. Pendidikan Demokrasi ada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011
Published
2020-06-11
Abstract viewed = 1995 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1416 times
How to Cite
Ida Nurjanah, & Abdul Halim Sholeh. (2020). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa . Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 58-73. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n1.58-73