MOTIVATION FOR MEMORIZING THE QUR'AN IN FORMING DISCIPLINED CHARACTER IN IIQ JAKARTA MASTER PROGRAM STUDENTS
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan mengapa mahasiswa Program Magister PAI termotivasi untuk hafal Al-Qur'an, serta upaya manajemen untuk membantu mahasiswa mengembangkan disiplin diri. Pengaruh kedua unsur tersebut terhadap kedisiplinan menyelesaikan masa studi pada mahasiswa yang terdaftar pada Program Magister PAI menjadi tujuan lain dari penelitian ini. Dengan sumber data primer dan sekunder, serta pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara (dengan ketua Program Studi Magister PAI, dosen tahfidz Al-Qur'an, kepala tata usaha, dan mahasiswa Kajian PAI. Program tahun ajaran 2019–2020), dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) IIQ Jakarta memiliki dua alasan utama ingin menghafal Al-Qur'an: motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Kedua, pengelola Program Magister PAI telah melakukan lima upaya untuk membantu mahasiswa mengembangkan karakter disiplin melalui hafalan Al-Qur'an. Upaya tersebut meliputi: a. mendidik mahasiswa tentang nilai mempelajari dan menghafal Al-Qur'an; b. pembinaan atau pelatihan; c. memberlakukan peraturan; d. peningkatan sarana dan prasarana; e. menciptakan bahan pembelajaran. Kedua faktor ini mempunyai tiga pengaruh yang berbeda terhadap kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan masa belajar: tepat waktu, mentaati peraturan, dan bertanggung jawab dalam tugas.
Referensi
Citra, Anugrance, Azmil Mufarohah, and Deira Angelina. “Peranan Tata Tertib Universitas Dalam Menanamkan Perilaku Disiplin Mahasiswa.” Civic Education and Social Science Journal (Cessj 5 (2023): 46.
Fitri, Awaliyah Sofia Ratna, and Tanto Aljauharie Tantowie. “Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi.” Encyclopedia of Health Communication (2014): 1–22.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali. Wal Ashri Publishing. Vol. Cet. Ke 1. Medan, 2020.
Imran, Yusida, and Ikhwan Nurrachim Eli. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Puasa Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 12 Sungai Ambawang.” Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2023): 37–49.
Nuriyatun, Puji Dwi. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sd Negeri 1 Bantul.” Basic Education 5, no. 33 (2016): 3–174.
Nurlatifah, Fujiyanti, and Fajar Syarif. “Sistem Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Dengan Metode Samā‘I Di PPTQ Misbahunnur Cimahi.” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman IV, no. 2 (2021): 269–287.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2016.
Syahrudin, Yusuf Abdurachman Luhulima, Nur Khozin. “Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pai Fitk Iain Ambon.” al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2022): 11.
Tim Penulis. Pedoman Akademik Program Strata Satu Institut Ilmu Al- Qur’an (IIQ) Jakarta, 2019.
Widayati, Romlah. Kaidah Qira’at 7. Jakarta: IIQ Press, 2012.
Widyastri, Sri, and Isman Iskandar. “Analisis Manajemen Lembaga Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Mahasisiwi IIQ Jakarta.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman 8, no. 01 (2020): 17–32.
“Https://Www.Yourcoach.Be/En/Employee-Motivation-Theories/Vroom-Expectancy-Motivation-Theory/.”