MUHAMMADIYAH MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DALAM PENDEKATAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

  • Mukhlish Muhammad Maududi Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
Kata Kunci: communication., muhammadiyah., pandemic., technology., human communication.

Abstrak

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia dalam kehidupan, satu hal yang sangat fundamental, pola komunikasi manusia berubah seiring dengan lahirnya teknologi informasi dan komunikasi, pandemi covid-19 mendorong perubahan pemanfaatan teknologi menjadi lebih cepat, sebelum pandemi rapat-rapat dan dunia Pendidikan belum sepenuhnya menggunakan teknologi visual begitu datang pandemi pemanfaatan teknologi dengan plaffrom conferen dipergunakan, sehingga merubah dunia Pendidikan saat ini.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara Muhammadiyah menghadapi pandemi covid-19 dalam pendekatan perkembangan teknologi komunikasi, dengan ini menggunakan metode kepustakaan, data diperoleh melalui penelusuran mesin pencari google dan google scholar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah telah memanfaatkan teknologi komunikasi secara maksimalm banyak pengajian-pengajian yang dilakukan pengurus-pengurus Muhammadiyah menggunakan saran teknologi, hal yang menarik anggota Muhammadiya di ranting-ranting dapat mengikuti bahkan mengundang Pengurus Pusat Muhammadiyah untuk mengisi pengajian atau seminar-seminar hal yang sulit terjadi dimasa sebelum pandemic covid-19, dengan teknologi komunikasi bisa dioptimalkan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, konten-konten ilmu pengetahuan dapat diputar kapan saja dan dimana saja tidak perlu hadir dalam kelas-kelas.

Referensi

Abidin, C. (2016). “Aren’t These Just Young, Rich Women Doing Vain Things Online?”: Influencer Selfies as Subversive Frivolity. Social Media and Society, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1177/2056305116641342
Anugerah, D. P., & Indriani, M. (2018). Data Protection in Financial Technology Services (A Study in Indonesian Legal Perspective). Sriwijaya Law Review, 2(1), 82. https://doi.org/10.28946/slrev.vol2.iss1.112.pp82-92
Arif, M. (2016). Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 307. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.550
Aristiana, M. (2019). THE Factors that Influence People Interest in Using a Digital Platform as a ZIS Payment (Case Study Go-Pay). International Conference of Zakat, 2017, 50–59. https://doi.org/10.37706/iconz.2019.156
Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 pandemic on life of higher education students: A global perspective. Sustainability (Switzerland), 12(20), 1–34. https://doi.org/10.3390/su12208438
Bisbort, A. (2008). Media Scandals. In Greenword Press. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1999.tb02825.x
Dinanti, R., & Nugrahani, R. U. (2019). Perencanaan Komunikasi Matahari Kecil Sebagai Organisasi Non-Profit Dalam Mendapatkan Donasi. Komunikasi, XIII(02), 121–130.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Ellianawati, E., Subali, B., Khotimah, S. N., Cholila, M., & Darmahastuti, H. (2021). Face-to-face mode vs. Online mode: A discrepancy in analogy-based learning during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 368–377. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.30037
Fatoni, U., & Librianti, E. O. I. (2018). Motif Syekhermania Mengakses Video Dakwah Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i1.1086
Ghalih, M., Karolina, Machfiroh, I. S., & B, T. (2020). Evaluasi Literasi Digital Berbasis Komunikasi Lokal. Jurnal Mediteg, 3(1), 5–7. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
Hefni, H. (2014). Perkembangan Ilmu Komunikasi Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 4(2), 326–343. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/download/50/44
Huang, Y., Wang, Y., Tai, Y., Liu, X., Shen, P., Li, S., Li, J., & Huang, F. (2020). Curricularface: Adaptive curriculum learning loss for deep face recognition. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 5900–5909. https://doi.org/10.1109/CVPR42600.2020.00594
Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang Dilakukan Oleh Japelidi. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149–166. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16079
Kurniawan, F. (2012). Informasi Dalam Dakwah Islam. Ulul Albab, 13(1), 65–76.
MAARIF, A. S., EFFENDY, B., AZRA, A., THOHARI, H. Y., EFFENDY, M., NURJAMAN, A., JAINURI, A., MULKHAN, A. M., NASHIR, H., WARSITO, T., MUGHNI, S. A., QODIR, Z., TUHULELEY, S., NURMANDI, A., PRIANTO, A. L., & EFENDI, D. (2015). Ijtihad Politik Muhammadiyah Politik Sebagai Amal Usaha (Z. Qodir, A. Nurmandi, & M. N. Yamin (Eds.); Pertama). Pustaka Pelajar.
McLuhan, M. (1962). the Gutenberg Galaxy, the making of typographic man. University of Toronto Press.
Mizanie, D., & Irwansyah. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Komunikasi, XIII(2), 149–164.
Muhtar, A. A. (2021). Ruang Publik dan Dakwah di Media Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 21(1), 22–41.
Nadia, Z. (2020). LIVING HADITS : Penggunaan Hadits Dalam Ceramah Agama di Radio Majlis Tafsir al- qur’an. Living Haidts, 15(1), 55–82.
Nafi, U., Wahyu, I., & Utami, P. (2017). Development of Sigil Based E-Book As Media for “Technology and Information for History Learning” Course. Paramita - Historical Studies Journal, 27(1), 103–112. https://doi.org/10.15294/paramita.v27i1.7926
Nasution, L. (2020). Hak Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Ruang Publik di Era Digital. ’Adalah, 4(3), 37–48. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i3.16200
Nur, M. I. (2019). Analisis Wacana Kritis Pada Konten “Masjid Untuk Semua” Di Media Youtube Cisform Uin Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Lentera, 3(1), 83–104. https://doi.org/10.21093/lentera.v3i1.1670
Nurlaili. (2017). PENDIDIKAN IBADAH DALAM AL-QURAN. ITTIHAD, 1(2), 209–224.
O’Reilly, M. (1996). Internet addiction: A new disorder enters the medical lexicon. Cmaj, 154(12), 1882–1883.
Pengajian Romadhon: Tantangan Umat Islam Di Era Digital oleh Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., 2021. (2021). SB Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=iTMYNUXbO4c
Pongpindan, A. (2019). Islam Khas Indonesia: Metodologi Dakwah Islam Nusantara. Lentera, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.21093/lentera.v3i2.1678
Puspika Sari, L., Aidil Zetra, & Tengku Rika Valentina. (2020). Peran Ruang Publik Dalam Meningkatkan Pasrtisipasi Politik Di Nagari Talang Anau. Jurnal Niara, 13(2), 11–22. https://doi.org/10.31849/niara.v13i2.4458
Sikumbang, A. T., & Siahaan, R. F. U. (2020). YOUTUBE AS A DA ’ WAH MEDIA. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 26(2), 304–322.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 31. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385
Suryani, N. (2014). Development of History Virtual Class By Applying Collaborative Model To Improve Critical Thinking Ability. Paramita: Historical Studies Journal, 24(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v24i2.3126
Wahyudin, A., Kristiadi, D., Utomo, A. S., Marwati, A., & Gulang, R. A. (2021). Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 154–162.
Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175
Yuni, Q., & Gita, F. (2021). Transformation of Print Media in the Digital Era : Media Convergence of Kedaulatan Rakyat. International Journal of Communication and Society, 3(1), 27–38.
Yuningsih, K. S., Kurniati, N., & Kamil, P. (2020). Analisis Semiotika Nilai-Nilai Dakwah dalam Film Ghibah di Channel Youtube Film Maker Muslim. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, 57–60.
Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah, X(2), 195–211.
Diterbitkan
2023-02-27
Abstrak viewed = 164 times
PDF downloaded = 141 times