Persepsi Kepuasan Komunikasi Organisasi Orang Tua Murid Terhadap Pembelajaran Tahfidz Di Sdit Nur Al-Barkah Cibarusah Bekasi

  • Dewi Kurniasih Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Al Mukarromah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Kata Kunci: Kepuasan Komunikasi Organisasi, Pembelajaran tahfidz

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan persepsi kepuasan komunikasi organisasi orang tua murid terhadap pembelajaran tahfidz didalam suatu lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) serta dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni dengan melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 7 poin diantaranya: pertama, iklim komunikasi guru memotivasi orang tua dan murid dalam pembelajaran tahfidz sangat baik karena guru selalu memberikan semangat serta apresiasi kepada murid, kedua, komunikasi guru kepada orang tua murid, guru selalu menjadi pendengar yang baik serta selalu memberikan solusi terhadap permasalahan tahfidz, ketiga, sistem pembelajaran tahfidz sudah cukup bagus karena setiap informasi disampaikan secara keseluruhan, keempat, kualitas manajemen komunikasi sudah cukup cukup bertanggung jawab, kelima, komunikasi informal dan horizontal antar orang tua dan guru berjalan mengalir sertatidak canggung, keenam, komunikasi orang tua murid kepada guru terjalin baik, orang tua selalu menerima dengan baik setiap instruksi yang diberikan guru, ketujuh, feedback/umpan balik guru yaitu selalu memberikan pujian kepada anak yang berhasil, dan memberikan nasihat serta dorongan ketika ada anak yang belum mencapai target hafalan.

Referensi

Wayne, R. dan Faules, Don F. (2013). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mas, Sitti Roskina dan Haris, Phil Ikhfan. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi
Teori dan Aplikasi. Gorontalo: UNG Press.
Siregar, Robert Tua. (2021). Komunikasi Organisasi, Bandung: CV. Widina Bhakti Persada.
Masmuh, Abdullah. (2013). Komunikasi Organisasi: Dalam Perspektif Teori Dan Praktek. Malang: UMM Press.
Nofrion. (2018).Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Romli, Khomsahrial. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo.
Winardi, J. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. (2007). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Rizkyan. (2020). Komunikasi Organisasi Antara Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di SDN Mawar 6 Banjarmasin. Skripsi Sarjana Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.
Irwanto, Deni. Persepsi Orang Tua Tentang Komunikasi Interpersonal Anak Pengguna Gadget Di Kota Surabaya. Skripsi Sarjana Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Oktavian, Winda. (2019). Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Harsallakum Kota Bengkulu. Skripsi Sarjana, fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri IAIN Bengkulu.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Desy Damayanti.Bekasi, 9 Maret 2022.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Desy Damayanti.Bekasi, 10 Maret 2022.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Dwi Sarwati.Bekasi, 19 Maret 2022.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Marmah. Bekasi,25 Maret 2022.
Wawancara dengan Guru Tahfidz SDIT Nur Al-Barkah, Kardita. Bekasi, 16 Februari 2022.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Safitri, Bekasi 19 Maret 2022.
Wawancara dengan Orang Tua Murid SDIT Nur Al-Barkah, Vita Weny Astuti. Bekasi, 17 maret 2022.
Diterbitkan
2022-08-08
Abstrak viewed = 177 times
PDF downloaded = 191 times