DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI PADA TEAM MULTIMEDIA UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR
Abstrak
Pengarsipan data dan pengelolaan multimedia lembaga merupakan hal yang wajib di era globalisasi sekarang ini, bahkan semua lini kini wajib didominasi dengan multimedia yang super, selain team multimedia bermanfaat menyimpan atau mendokumentasi kegiatan lemaga, team multimedia juga bertanggung jawab atas komunikasi antata lembaga dan khalayak. Maka dari itu Universitas Darussalam Gontor membentuk tim multimedia yang dinamai Arsip Dokumentasi yang sekarang berubah nama menjadi Team Multimedia UNIDA Gontor. Team Multimedia juga memiliki dimensi-dimensi komunikasi, contohnya dimensi horizontal dan vertikal dalam jaringan eksternal yang maupun internal. Maka dari itu team multimedia UNIDA GONTOR dididik guna menguasai keseluruhan properti, tools maupun media dalam komunikasi itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi komunikasi Pengorganisasian Team Multimedia UNIDA sebagian besar terjadi pada kegiatan-kegiatan yang telah diselenggarakan oleh mereka. Komunikasi formal (komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal) terjadi di Semua Kegiatan perorganisasian. Dan Komunikasi eksternal melalui berbagai media
Referensi
Efendi, Erwan, et al. "Komunikasi Simbiolik dalam Masyarakat." Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 3.4 (2023): 1753-1761.Entman, R. M. (1991). Framing U.S. Coverage of International News: Contrast in Narrative of the KAL and Iran Air Incidents. Journal of Communication 41, (4) 6-27.
Ekajanty, A., Suwondo, P. K., Sutopo, M. W., Utomo, T., & Rusdwiyanto, Y. (2002). A Study on Cerbrovit's Target Market Perception.
Kriyantono, R. (2019). Peran manajerial praktisi humas perempuan lembaga pemerintah dalam profesi yang didominasi perempuan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23(2), 181-194.
Priyono, P. E. (2022). Komunikasi dan komunikasi digital. Guepedia.
Vardiansyah, D. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zhang, Y., George, J. M., & Chan, T. S. (2006). The paradox of dueling identities: The case of local senior executives in MNC subsidiaries. Journal of Management, 32(3), 400-425. Effendy, Onong Uchjana. "Ilmu komunikasi teori dan praktek." (2011).
https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/14409/1/Siti%20Khadijah,%20160401001,%20FDK,%20MD,%20085333274151.pdf