KOMUNIKASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL

Analisis Strategi Kampanye Anies Baswedan Di Pemilu Pilpres 2024

  • Al Mukarromah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Dina Kamaliya Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Kata Kunci: Komunikasi Politik, kampanye, sosial media, Anies Baswedan, Politik

Abstrak

Artikel ini menjelaskan kampanye politik yang dilakukan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Kampanye merupakan suatu proses komunikator politik sebagai bakal calon yang akan terpilih untuk melakukan komunikasi politik kepada masyarakat dengan menyampaikan gagasan-gagasan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye yang dilakukan Anies Baswedan pada masa kampanye pada rentang waktu November 2023–Januari 2024. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penelitian ini membahas tentang strategi kampanye Anies Baswedan yang dilakukan pada masa kampanye pemilihan presiden di media sosial Instagram, X, dan Tiktok. Yang belum pernah dibahas pada penelitian sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Nowak dan Warneyrd untuk menganalisis unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam proses kampanye. Kemudian berdasarkan data yang diperoleh melalui media sosial pribadi Anies Baswedan selama periode penelitian. Hasil akhir dari penelitian ini adalah kampanye yang dilakukan Anies Baswedan dan timnya telah sesuai dengan teori kampanye Nowak dan Warneyrd. Pemanfaatan media sosial sebagai saluran kampanye oleh Anies Baswedan merupakan langkah yang tepat dalam menyebarkan informasi dengan jangkauan yang sangat luas. Anies Baswedan sebagai calon presiden juga mampu berkomunikasi dengan berbagai elemen komunikatif, seperti organisasi masyarakat, kelompok sosial. , dan elit partai politik.

Referensi

Azka, Ibnu dan Iswandi Syahputra, “Komunikasi Politik Capres Anies Baswedan Menuju Pemilu 2024 Melalui Media Sosial Instagram”. Jurnal JIKA 10, no. 1. 2023
Novia, Rahma Ismi. “Strategi Kampanye Politik Pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden 2019 di Twitter”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2020.
Efriza. Political Explore Sebuah Kajian Ilmu Politik. Bandung : CV. Alfabeta, 2012
Situs Resmi AMIN. Anies & Cak Imin Menang Pilpres 2024 | Coblos & AMINkan! (aminajadulu.com) diakses 19 Februari 2024
Zulfikar, Fahri. “Pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3, Sekolah di Mana Saja?”. Detikedu Online, (17 September 2022). Pendidikan Anies Baswedan dari SD hingga S3, Sekolah di Mana Saja? (detik.com) diakses 25 Februari 2024.
Indonesia, Komisi Pemilihan Umum Republik. https://infopemilu.kpu.go.id/ diakses pada 26 Maret 2024.
Parwito. Komunikasi Politik : Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta : Jalasutra, 2009.
Sukma Alam, “Pengguna Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik”. Jurnal Imu Komunikasi 9, no. 1. 2021.
Apjii. Survei Internet APJII 2024. https://survei.apjii.or.id/home diakses 04 Maret 2023.
Muarabagia, Mohammad Hatta. “Profil Partai Nasdem : Berawal Dari Ormas hingga Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024”. Tempo Pemilu Online. 23 Juni 2023. https://pemilu.tempo.co/read/1740401/profil-partai-nasdem-berawal-dari-ormas-hingga-dukung-anies-baswedan-di-pilpres-2024 diakses 27 Maret 2024
Diterbitkan
2024-08-31
Abstrak viewed = 170 times
PDF downloaded = 209 times