DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI PADA RACANA AL-FAROBY GUGUS DEPAN 04.091

Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Dimensi-Dimensi Komunikasi Organisasi pada Racana Al-Faroby Gugus Depan 04.091

  • Willy Gifari Cahya Gumilang UNIDA Gontor
  • Abdullah STTM AR Fachrudin
Kata Kunci: Dimensi Komunikasi Organisasi, Racana Al-Faroby, Komunikasi Internal, Komunikasi Eksternal

Abstrak

Universitas Darussalam Gontor yang memiliki minat dan bakat dalam berpramuka. Didalam organisasi Racana Al-Faroby terdapat beberapa struktur yang diisi oleh mahasiswa aktif dari Universitas Darussalam Gontor. Racana Al-Faroby mulai didirikan pada tahun 2004 dan diresmikan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam kegiatan pramuka di Universitas Darussalam Gontor Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dimensi komunikasi organisasi yang terjadi pada Racana Al-Faroby sebagai organisasi yang mewadahi mahasiswa pramuka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi komunikasi organisasi yang ada pada Racana Al-Faroby sebagai organisasi unit kegiatan mahasiswa dalam kegiatan pramuka.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi komunikasi organisasi Racana Al-Faroby paling banyak terjadi pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Racana Al-Afaroby. Komunikasi formal (komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal) terjadi di Mingguan. Komunikasi eksternal

Referensi

Bungin, Burhan. 2014. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta; Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations,Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Arni. 2015. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Romli, Khomsahrial. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT Grasindo.

Sutopo, H.B.2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta; Sebelas Maret University Press.

Wahyono, Tugas dkk. 2014. Perempuan Laweyan dalam Industri Batik di Surakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.
Diterbitkan
2024-08-31
Abstrak viewed = 126 times
PDF downloaded = 98 times