PENERAPAN METODE TAMI OTAKA DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI PAUD TAHFIZH PINTAR

  • Fikriyyah Hanifah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Hasanah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Method, Tami Otaka, Keeping Memories

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang penerapan metode Tami Otaka dan faktor pendukung serta penghambat dalam metode Tami Otaka pada PAUD Tahfizh Pintar. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serra menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan metode Tami Otaka di PAUD Tahfizh Pintar Joglo Jakarta Barat memiliki 3 tahapan yaitu persiapan pembelajaran, praktik pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran metode Tami Otaka. Dalam menjaga hafalan Al-Qur’an yaitu dengan cara sering mendengarkan bacaan Al-Qur’an, membaca dalam shalat, selalu bersama dan berkumpul dengan hafiz Al-Qur’an, menggunakan satu mushaf, menjadi mustami (penyimak), dan sima’an Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam menggunakan metode Tami Otaka ialah salah satunya dengan adanya sumber belajar yang memadai yaitu buku khusus pembelajaran metode Tami Otaka, serta faktor penghambat dalam menggunakan metode Tami Otaka salah satunya ialah faktor lingkungan yang mempengaruhi rasa malas dan muraja’ah dalam menghafal.

References

Afifudin, dan Ahmad Saebani Beni (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.
Aflisia, Noza (2016). Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafidz Al-Qur’an, Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan.
Ahmad bin, Hasan bin Hasan Hamam (2008). Menghafal Al-Qur’an itu Mudah, Jakarta: Pustaka at-Tazkia.
Al Munawarah, Said Agil Husin (2003). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press.
Al-Sijistānī, Abu Dāud Sulaimān ibn al-Asy’as ibn Ishāq ibn Basyir ibn Syaddād ibn’ ‘Amr al-Azdī. Sunan Abi Dāud (1999). Juz 2. Beirut: Maktabah al-‘Ashriyyah.
Alawiyah, Wiwi (2014). Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Diva Press.
Al-Fattah, 40 Strategi Pembelajaran Rasulullah (2015). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdor (2003). Kamus Kontemporer Arab Indonesia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika.
Aliya, Dhiya, Pengelolaan Metode Tami Otaka Dalam Menghafal Al- Qur’an Juz 30 Pada Kelas 1 Di SD Pintar Leadership Qur’ani Bandung, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Al-Qatthan, Syaikh Manna (2017). Dasar-Dasar Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Ummul Quran.
Anggitio, Albi dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif (2018). Sukabumi: CV Jejak.
Arief, Amar, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam (2002). Jakarta: PT Intermas.
Arifin, Zainal (2020). Penelitian Pendidikan (Metode Dan Paradigma Baru), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aryani, Farida (2014). Peran Peegroup Dalam Membentuk Gaya Hidup Konsumtif Remaja.
Balqis, Novida (2018) Strategi Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) An-Nahl Kec. Taman Kab. Sidoarjo, Penelitian Ilmiah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Bungin, Burhan (2015). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Kencana
Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durotun, Ma’rufah (2019). Pengaruh Metode Kaisa Terhadap Peningkatan Hafalan Surah Pendek Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 61 Sampingan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang, Publikasi Ilmiah Universitas Negri Semarang.
Fahriyani, Evi, Wali Kelas TAUD C PAUD Tahfizh Pintar, Joglo Jakarta Barat, Wawancara Oleh Penulis Di Joglo Jakarta Barat, 09 Juni 2022
Forum Pelayanan Al-Qur’an, Mushaf Famy Bi Syauqin Al-Qur’an Dan Terjemah.
Hamid, Abdul (2016). Pengantar Studi Al-Qur’an, Jakarta: Prenadamedia Group.
Hariyanto, Roni (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonsterasi, Malang: CV Multimedia Edukasi.
Kerubun, Ajuslan (2016). Menghafal Al-Qur’an Dengan Menyenangkan, Yogyakarta: Absolute Media.
Kurniawan, Asep (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lisa, Aditya, (2020). Pembelajaran Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini, Indramayu: Adab.
Maesaroh, Siti, (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan.
Majid, Abdul, (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mattson, Inggrid (2013). “The Story Of The Quran” Terj. R. Cecep Lukman Yasin, Ulumul Quran Zaman Kita, Jakarta: Zaman.
Maulana ,Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, Munthakab Ahadits, (2013). Bandung: Pustaka Ramadhan.
Muhith, Nur Faizin (2013). Semua Bisa Hafal Al-Qur’an, Surakarta: Qal- Qudwah Publishing.
Munjahid (2007). Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam, Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an, Yogakarta: Idea Press.
Muri, Yusuf, (2017).Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.
Musbikin, Imam, (2014). Mutiara Al-Qur’an, Madiun : Jaya Star Nine.

Mustafa, Agus (2008). Memahami Al-Qur’an Dengan Metode Puzle, Surabaya: Padma Press.
Nashryasir (2016). Kecil-Kecil Jadi Hafidz, Solo: Kiswah Media.
Kerubun, Ajuslan (2016). Menghafal Al-Qur’an Dengan Menyenangkan, Yogyakarta: Absolute Media.
Kurniawan, Asep (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lisa, Aditya (2020). Pembelajaran Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini, Indramayu: Adab.
Maesaroh, Siti (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan.
Majid, Abdul, (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mattson, Inggrid (2013). “The Story Of The Quran” Terj. R. Cecep Lukman Yasin, Ulumul Quran Zaman Kita, Jakarta: Zaman.
Maulana ,Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, Munthakab Ahadits (2007). Bandung: Pustaka Ramadhan.
Muhith, Nur Faizin (2013). Semua Bisa Hafal Al-Qur’an, Surakarta: Qal- Qudwah Publishing.
Munjahid, Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam (2007).Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an, Yogakarta: Idea Press.
Muri, Yusuf (2017).Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.
Musbikin, Imam (2014). Mutiara Al-Qur’an, Madiun : Jaya Star Nine.

Mustafa, Agus (2008). Memahami Al-Qur’an Dengan Metode Puzle, Surabaya: Padma Press.
Nashryasir (2016). Kecil-Kecil Jadi Hafidz, Solo: Kiswah Media.
Nasih (2009). Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholilah, Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , Bandung :Refika Aditama.
Putra, Andi Ishak (2016). Corak Penafsiran Isyari dalam Tafsir Jema’at Ahmadiyah Qadiyan, Vol.13, No 6.

Pratama, Yoga (2020). Implementasi Metode Otak Kanan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Nurul Yaqin Desa Bratasena Kec.Dente Teladas Kab. Tulang Bawang, Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.
Qomariyah (2019). Nurul dan M. Irsyad, Agar Anak “Zaman Now” Bisa Hafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Rachmawati, Yeni (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana.
Rahmat, Hidayat (2016). Belajar Menghafal Al-Qur’an Khas Otak Kanan, Bandung: Pustaka Pintar.
Redaksi Dari Mizam (2008). Yuk Menghafal Surah Pendek Dalam Al-Qur’an, Jakarta: Mizan.
Rolina, Nelva, Pembentukan Karakter Anak Melalui Keseimbangan Otak Kanan Dan Otak Kiri.
Sa’dulloh (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Depok: Gema Insani.
Saepudin, Juju, Dkk. (2015). Membumikan Peradaban Tahfidz Al-Qur’an, Jakarta: Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama Jakarta.
Saifulloh, Ahmad dan Imam Safi’I (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama, Ponorogo.
Shihab M. Quraish, Tafsir Al-Lubab.
Shihab M. Quraish (2009). Tafsir Al-Misbah, Tangerang: Lentera Hati.
Shihab M. Quraish (1996). Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan.
Sufyan, Muhammad (2021). Implementasi Metode Tami Otaka Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Di TK Pintar Kota Bandung, Jurnal Paedagogia.
Sugiono (2013).Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kombinasi, Bandung: Al- Fabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi, Otak Dan Akal Dalam Kajianal-Qur’an Dan Neurosains (2020). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Syahidin (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Bandung:Alfabeta.
Syarifuddin, Ahmad (2004). Mendidik Anak, Membaca, Menulis, Dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: PT Gema Insani.
Tania, Siti (2018). “Efektivitas Penerapan Metode Tahfidz Dan Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Putri Ma’had Al- Jami’ah Uin Raden Intan Lampung Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Taufiqurrahman (2005). Metode Jibril Metode PIQ-Singosari, Malang: IKAPIQ Malang.
Taufiqurrohman (2018). Ikhlas dalam Perspektif Al-Qur’an, Vol. 1, No.02, September.
W.Ahsin (1994). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara.
Wahid, Alawiyah (2004). Kisah-Kisah Ajaib Para Penghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Diva Press.
Widayati, Anugrah, Kepala Sekolah PAUD Tahfizh Pintar, Joglo Jakarta Barat, Wawancara oleh penulis di Joglo Jakarta Barat, 08 Juni 2022
Widhiyani, Idha Ayu Sri (2014). Penerapan Penggunaan Media Permainan Fantasi dan Imajinatif Kreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan
Otak Kanan dan Mengembangkan Kemampuan Berbahasa, E- Journal
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Wijaya, Hengki (2019). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi, Makassar: Sekolah Tinggi Teologia Jafray.
Yunus, Mahmud(1990). Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung.
Zakariyya, Maulana Muhammad (2007). Muntakab Ahadits, Bandung: Pustaka Ramadhan.
Zen, A. Muhammad (2013). Tahfidzh Al-Qur’an Metode Lauhun, Jakarta: Transpustaka.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 397 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 262 times