Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam FILM Animasi Hafiz dan Hfizaha Episode 16-22
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film animasi “Hafiz dan Hafizah” episode 16 hingga 22. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi teknik dokumentasi. Film animasi dapat digunakan sebagai media pendidikan karakter yang efektif dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada film animasi "Hafiz dan Hafizah" episode “Asyiknya Olahraga", episode "Aku Ingin Tahu", episode "Hafiz Cegukan", episode "Amanah Sebuah Dompet", episode "Awas Ada Nyamuk", episode "Aku Ingin Menjadi", dan episode "Selamat Ulang Tahun Humairah" sebagai berikut: 1) Religius, 2) Jujur, 3) Disiplin, 4) Rasa Ingin Tahu, 5) Peduli Sosial 6) Kreatif dan Kerja Sama. Dari ketujuh nilai karakter di atas dapat disimpulkan bahwa karakter yang paling dominan ada tiga yaitu karakter religius, jujur dan peduli sosial. Dalam film animasi "Hafiz dan Hafizah" ditampilkan bahwa setiap episode mengandung nilai karakter baik.
References
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Dianti Yunia Sari, & Ulpah, F. (2023). Analisis Karakter Jujur pada Film Animasi Hafiz dan Hafizah. Generasi Emas, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(1).11013
Erwina, M. A., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM ANIMASI HAFIZ DAN HAFIZAH EPISODE SERAKAH JADI. 2, 410–427.
Fatmala, S. (2022). PROCEEDINGS Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Conference of Elementary Studies, 599–611. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/download/14951/5461
Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 138–151. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.2046
Hasanah, U. dan N. F. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Hawa, S. (2023). Pengaruh Film Animasi Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 18(1), 69–80.
Ilmia, R., Matondang, S., & Zairina, N. (2024). Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Film Animasi Islami Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 5(2), 354–362. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i2.2505
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITTATIF. cv harfa creative.
Nasution, S. R. J. (2022). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter-pada film animasi. 5(6), 1097–1104.
Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318
Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401
Putry Agung, Y. D. A. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermai Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung Putry Agung STKIP Al Islam Tunas Bangsa , Bandar Lampung Yulistyas Dwi Asmira STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–158.
Ramandhini, R. F., Rahman, T., & Purwati, P. (2023). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 116. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951
Sayekti, A. N., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius Dan Toleransi Dalam Film Animasi “Nusa Dan Rara.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455
Sutarti, T. (2016). Pendidikan karakter Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta:: CV. Aksara Medika Pratama.
Ulpah, E. M., Putri, M. A., & Badriah, L. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Monster University. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(1), 39. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(1).39-53
Westri, Z., & Pransiska, R. (2021). Analisis nilai-nilai agama dan moral anak usia dini pada film. Jurnal Golden Age, 5(02), 221–232. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3497