Penerapan Token Ekonomi Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak

  • Putri Ayu Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Arsyia Fajarrini Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Umi Widayahti Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Khoirunnisa Nur Intani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rina Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Aisyah Nur Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Putri Prameswhary Khoirunisa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Perilaku agresi anak menjadi salah satu masalah perilaku yang dapat menghambat perkembangan sosial dan emosional anak. Perilaku seperti memukul, mengejek, dan mengganggu teman sering kali muncul akibat kurangnya pemahaman anak terhadap aturan sosial serta keterbatasan dalam mengelola emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik Token Economy dalam mengurangi perilaku agresif pada anak usia dini di TK Aisyiyah Kota Pasir. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak yang menunjukkan perilaku agresif secara berulang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Token Economy dengan pemberian token berupa bintang sebagai bentuk penghargaan atas perilaku positif secara konsisten dapat menurunkan intensitas perilaku agresif anak. Anak menjadi lebih kooperatif, memahami perbedaan antara perilaku baik & buruk, serta termotivasi untuk menunjukkan perilaku yang diharapkan. Dengan demikian, teknik Token Economy terbukti efektif sebagai metode modifikasi perilaku yang menyenangkan dalam pembentukan karakter anak usia dini.

References

Adzim, F., Putra, A. A., Hunainah, & Bachtiar, M. (2025). Teori fungsionalistik dominan menurut: edward lee thorndike dan burrhus frederick skinner. 5, 259–269.
Akbar, W. (2023). Penerapan Teknik Extinction dan Punishment untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21647–21662.
Aprilia Mega Rosdiana. (2022). Teknik Token Ekonomi : Teori dan Aplikasi. CONSEILS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 42–52. https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.658
Aulia, D., Yuliati, N., Weyara, S., & Saputri, D. (2022). Pengaruh penerapan teknik token ekonomi terhadap tingkat kedisiplinan siswa. 7(1), 104–110.
Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., Susetyarini, R. E., & others. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus-Respon. Penerbit Adab.
Fajarrini, A., & Ichsan, I. (2023). Perilaku Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–14.
Fatimah, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum Anak Dalam Bersosialisasi Di Tk Dharma Wanita Kempleng Ii. Preschool, 2(1), 155–162. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.9507
Handayani, D., & Hidayah, N. (2014). Pengaruh Token Ekonomi untuk Mengurangi Agresivitas pada Siswa TK. Empathy : Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 44–52.
Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(1), 63–75.
Huky, E. J. A., Alta, M. C. F., Utari, D. D., & Kore, N. S. (2025). Token Economy Sebagai Teknik Untuk Meningkatkan Active Learning pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–19.
Isnaini, N. A., Rosyida, N. I., Wulandari, R., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Dari Stimulus-Respon hingga Modifikasi Perilaku; Tinjauan Teori Behaviorisme John B. Watson dan Realisasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10062–10070.
Krahe. (2005). Perilaku Agresif (Cet 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kulsum, U., & Hakim, Z. A. (2023). Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Pengurangan Perilaku Agresif Pada Siswa ADD di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an Ponorogo. Wacana, 15(1), 41. https://doi.org/10.20961/wacana.v15i1.63655
Lestari, E. P. I. (2017). Implementasi Token Economy dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Media Edukasi, 48.
Madiyanah, A. nur, & Farihah, H. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pemberian Reward. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.122
Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia_UI Press.
Miltenberger, R. G. (2008). Behavior Modification Principles and Procedures.
Mufidah, U. (2012). Efektivitas pemberian reward melalui metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 1(2).
Myers, D. G. (2002). Social Psychologi 7th Edition (7th ed.). McGraw-Hill Companies.
Purwanto, E. (2012). Modifikasi Perilaku (Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus). Pustaka Belajar.
Ramadhani, J. S., & Aulia, P. (2020). Keunggulan Token Economy untuk Meningkatkan Perilaku Antri pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1111–1119.
Ruslia Isnawati, S.Psi., M. P. (2020). CARA KREATIF DALAM PROSES BELAJAR (Konsentrasi Belajar Pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Jakad Media Publishing.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suswandari, M. (2021). Peran Guru Menstimulus Respon Anak melalui Teori Belajar Behavioristik The Role of the Teacher in Stimulating Children’s Responses through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Available, 1(1), 47–55.
Syahran, R., Lestari, M., & Arifyadi, A. (2020). Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Agresif Non Verbal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i1.652
Published
2025-08-17
Abstract viewed = 7 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 2 times