PENINGKATAN LITERASI HADIS BAGI SISWA MA KHAIRUL UMMAH PENJARINGAN JAKARTA UTARA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN INTERAKTIF
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi hadis di kalangan siswa MA Khairul Ummah Penjaringan, Jakarta Utara, melalui pendekatan kontekstual dan interaktif. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari permasalahan rendahnya pemahaman siswa terhadap isi dan makna hadis, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan terlalu berfokus pada aspek hafalan. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama tiga hari, siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran yang mengaitkan kandungan hadis dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan meliputi diskusi kelompok, studi kasus, simulasi peran, kuis tematik, serta pemanfaatan media visual untuk memperkuat daya serap materi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konteks dan aplikasi nilai-nilai hadis, sekaligus menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi. Selain berdampak pada aspek kognitif, pendekatan ini juga mendorong pembentukan karakter dan spiritualitas siswa. Hasil pengabdian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum PAI yang lebih bermakna dan relevan, sekaligus memperkuat literasi keagamaan masyarakat secara menyeluruh.
Referensi
Al-Bukhari, A. A. M. bin I. bin I. bin al-M. bin B. al-J. (2012). Shahih al-Bukhari. Dar al-Taaseel.
Al-Sabbagh, M. (1972). Al-Hadis al-Nabawi. Al-Maktab al-Islami.
Al-Tirmidzi, A. ‘Isa M. bin ‘Isa bin T. bin M. bin al-Ḍahhak al-S. al-Ḍarir al-B. (1974). Manhajazwi al-Nazar. Dār al-Fikr.
Alifah, N., & Hakim, L. (2025). Pentingnya Living Hadis Dalam Kajian Hadis. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1128–1138.
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Busro, M. (2022). Menghadirkan Niat dalam Segala Perbuatan. Bunga Rampai Islam Dalam Disiplin Ilmu Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia Edisi Dakwah Mahasiswa.
Hakim, A. (2025). Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur’an dan Hadist. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 497–504.
Mahfuz, A., Husti, I., & Alfiah, A. (2020). Hadis tentang niat dan korelasinya terhadap motivasi bagi peserta didik. PERADA, 3(2), 101.
Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).
Putri, Y. A., Alfaridzi, M., Mardianto, M., & Anas, N. (2021). Strategi Pembelajaran Al-Hadis dan Media Pembelajaran. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 213–227.
Raharusun, A. S., & Rahmah, S. (2023). Hadis Dan Difabel Netra: Pemanfaatan Literatur Hadis Braille Talkingbook Kitab Riyadus Shalihin Bagi Difabel Netra Blbi Abiyoso-Wiyata Guna. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–68.
Simorangkir, S. B. T., Tobing, S. Y. L., Zai, F., Nainggolan, A. M., & Sirait, S. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Peningkatan Literasi di Era Milenial di SMKN 1 Laguboti. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3).
Siregar, K. I. (2021). Pelatihan Memahami Hadits “Hidupkanlah Saya Miskin” dengan Metode Semantik di Pesantren Modern Nurul Huda-Cikarageman-Setu-Bekasi.
Sun’iyah, S. L. (2019). Pengarusutamaan Pembelajaran Hadis-ilmu Hadis Berorientasi Karakter Cinta Rasul Di Ma Unggulan Ulumiyyah Jatirogo Tuban. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 1–18.
Wijayanti, L. M., & Aisahningsih, S. (2023). Urgensi Niat Belajar Menurut Syaikh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariqat at-TaAllum. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12.
Zaman, B. (2019). Aplikasi Pendekatan Kontekstual pada Proses Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(2), 133–142