IMPLEMENTASI METODE ABJADI DI CIVILIZE PITTHAYA SCHOOL, CHIANG RAI, THAILAND UTARA
Abstrak
Artikel ini membahas implementasi Metode Abjadi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Civilize Pitthaya School, Chiang Rai, Thailand Utara yang mayoritas siswanya merupakan anak-anak mualaf dengan latar belakang bahasa yang beragam. Metode ini dikembangkan secara khusus untuk pemula melalui pendekatan bertahap dalam pengenalan huruf hijaiah tanpa harakat, serta pemanfaatan media interaktif seperti lagu untuk meningkatkan daya ingat dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam terhadap dinamika pembelajaran, respons guru dan siswa, serta tantangan implementasi metode. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumentasi selama kegiatan pengabdian berlangsung dari 10 hingga 24 Desember 2024. Hasil menunjukkan bahwa Metode Abjadi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali dan melafalkan huruf hijaiyah secara tepat dan menyenangkan. Meskipun terdapat hambatan seperti adaptasi fonetik dan perbedaan urutan huruf, respon para guru dan siswa sangat positif. Dengan dukungan pelatihan guru dan penyusunan modul yang sistematis, Metode Abjadi berpotensi menjadi solusi inovatif dalam pengajaran Al-Qur’an, terutama di komunitas Muslim dengan berlatar belakang non-Arab.
Referensi
Dheasari, A. E., Wulandari, F., Ummah, R., & Abdi, T. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Permainan Kartu Huruf. As-Sulthan Journal Of Education (ASJE), 01(01), 10–26.
Effendi, S., Ulinnuha, M., Masykur, A. R., Nafisah, M., & Hizbullah, M. (2022). Ensiklopedi Metode Baca Al-Qur’an di Indonesia. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren; Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Gustiana, A. (2020). Penerapan Metode Yanbu’a Pemula untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak. Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau, 1(1), 7–13.
Hardiansyah, H., & Sriyanti, S. (2020). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dasar. Bunayya, Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, I(3), 235–244.
Kasrianti, M., & Muthmainnah. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Tk Dharma Wanita Sawang Aceh Selatan. ECEDS: Early Childhood Education and Development, 5(2), 1–8.
Masykur, A. R. (2022). Metode Abjadi. IIQ Jakarta Press.
Rohimah, Kurniawan, I., Maryani, N., Suherman, I., & Nurhaidah, S. N. (2024). IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION POLICY IN MUSLIM MINORITY COUNTRIES (Case Study of Islamic Education in Thailand). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02), 233–242. https://doi.org/10.30868/ei.v13i02.6351
Sari, A. N., Djuaini, D., & Qadafi, M. (2020). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Siswa Ra Perwanida Ii Mataram. Islamic EduKids, 2(02), 14–26. https://doi.org/10.20414/iek.v2i02.2888
Suwarni, A., Machmud, H., Hewi, L., Anhusadar, L., & Erdiyanti, E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf dengan Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 52. https://doi.org/10.31332/dy.v3i2.4529