An Innovation of Qur’anic Education in the Era of the Industrial Revolusition 4.0
Abstrak
Kemunculan era 4.0 atau yang biasa dikenal dengan istilah cyber physical pada peradaban ke 21 di indonesia tentunya sangat berdampak pada dunia pendidikan terutama pada pendidikan Al-Qur’an. Pada era ini tantangan yang dihadapi menjadi semakin kompleks, yang mana pendidikan dituntut untuk menyesuaikan kemajuan era teknologi dalam menciptakan pendidikan yang sesuai dengan zaman modern. Maka dari itu, agar pendidikan Al-Qur’an tidak tertinggal oleh kemajuan zaman, dibutuhkanlah sebuah Inovasi dalam sistem pendidikan. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran, konsep dan juga teori bagaimana pendidikan Al-Qur’an di era sekarang yang mana anak-anak lebih banyak menggunakan teknologi. Hasil kajian konsep yang dilakukan oleh peneliti melalui beberapa referensi menyebutkan bahwa inovasi sistem pendidikan Al-Qur’an di era revolusi 4.0 mencakup kurikulum, guru, model pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran.
Referensi
Amin, Rifqi A, Sistem Pembelajaran Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2011.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.
Febriani, Nur Arfiyah , Zaenuddin Hudi Prasojo, and Badru Tamam, “Techno-Da’i and The Qur’anic Based Social Integration Building,” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 21, no. 1 , April 25, 2020.
Forkomsi Feb UGM, Revolusi Industri 4.0, Yogyakarta: Jejak, 2019.
Hasruk, Mhd. Iqbal dkk, Inovasi Sistem Pendidikan Islam Pada Era revolusi Industri 4.0 di Indonesia, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 04, No. 2, Desember 2020.
https://nasional.tempo.co/read/1699041/wakil-ketua-mpr-miris-72-persen-muslim-indonesia- buta-aksara-al-quran, diakses tgl 25 Juni 2023
Imaduddin Muhamad, Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0, Yogyakarta: Garudhawaca, 2018.
Khoiriyah, Menggagas Sosiologi Pendidikann Islam, (Yogyakarta: Teras, 2014). h.75
Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Mutmainah, “Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anaka Usia Dini”, No.1, Vol. IV 2018.
Rabi Yati, Inovasi Pendidikan Dengan Teknologi Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Seri Publikasi Pembelajaran, Vol. 1 No. 1 2022.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Ratnawati Dewi Problematika PembelajaranAl-Qur'an di Era Industri dalam Konteks Indonesia, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, No. 1, Januari – Juni 2020.
Sabaruddin, Pendidikan Indonesia Dalam menghadapi Era 4.0, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 10, No. 1, 2022.
Satrianawati, Media dan Sumber Belajar, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Sugiyanto, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Fkip UNS, 2017.
Sunderman, Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora dan Kebudayaan,Vol.1 No.1, November 7, 2019.
Supiana, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan, Badan Litbang & Diklat Departemen Agama RI, 2008.
Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka, 2019.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Yamin, Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2021.
Yati Rabi, Inovasi Pendidikan Dengan Teknologi Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Seri Publikasi Pembelajaran, Vol. 1 No. 1 2022
Yusuf, M. Jamil, Kajian Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an, Jurnal Edukasi, Vol. 3 No. 2, Juli 2017.