The Concept of Islamic Education in the Perspective of the Qur'an Surah at Tawbah Verse 122
Abstrak
Pada dasarnya Al-Qur’an belum menjelaskan hakikat Pendidikan secara ekspilit. Al-Quran hanya secara implisit mengungkap kepada manusia nilai- nilai pendidikan berupa ibrah atau pelajaran dari ayat-ayatnya. Oleh karena itu, untuk mengungkap konsep al-Quran tentang Pendidikan, perlu adanya kajian terhadap berbagai aspek pendidikan yang terkandung didalam al-Qur’an secara lebih lanjut dengan bersandar pada ayat-ayat al-Qur’an dan tafsir tafsir yang dikarang oleh para ulama. Ayat 122 Surah Taubah menegaskan bahwa penyelesaian semua masalah pendidikan dapat ditemukan jika umat Islam mampu mencermati, menyelidiki, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah. Dengan demikian, mereka akan memperoleh konsep-konsep pendidikan mendasar yang dapat menjadi landasan bagi pengembangan sistem pendidikan Islam yang berkualitas. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan menggunakan metode deskriptif-analitis. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa wajib mendalami agama dan siap untuk mengajarkannya, Terus mengembangkan ilmu-ilmu pengetahuan sesuai zamannya. Dan mampu memnyampaikan hasil pembelajarannya kepada orang lain
Referensi
Fahmi, Riki Muhammad, ‘Menuju Ma’rifat Dan Hakikat Melalui Jihad Dalam Menuntut Ilmu: Studi Syarah Hadis’, Jurnal Riset Agama, 1.2 (2021), 259–71
Izzaty, Rita Eka, Budi Astuti, and Nur Cholimah, ‘BAB II Teoretik’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3 (1967), 5–24
Nihayah, Hamidatun, ‘Konsep Pendidikan Islam Dalam Prespektif Al Qur’an Surat at Taubah Ayat 122’, 2009, 27–38
Hamka , Tafsir Al-Azhar,... , hal. 86
https://www.uinjkt.ac.id/meluruskan-makna-jihad/#:~:text=Pertama%2C%20jihad%20adalah%20usaha%20dengan,kafir%20untuk%20mempertahankan%20agama%20Islam.
http://jamaahmuslimin.com/tulisan-imaam/antara-jihad-dan-menuntut-ilmu.html