KOMODIFIKASI KONTEN BERITA KEPULANGAN HABIB RIZIEQ SHIHAB

ANALISIS WACANA PEMBERITAAN DI SINDONEWS.COM

  • Ahmad Zidni Mubarak UIN Jakarta
Kata Kunci: Media Online, Ekonomi, Media Politik, Komodifikasi Konten, Analisis Wacana

Abstrak

Berita kepulangan pemimpin organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) dari Arab Saudi menjadi perhatian khalayak Indonesia. Kepulangannya menjadi berita yang tidak luput dari liputan media mainstream maupun media online. Tak terkecuali Sindonews.com. Berangkat dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui seperti apa Komodifikasi Isi berita  kepulangan Habib Rizieq Shihab pada media online Sindonews.com        dan seperti apa relasi kuasa dalam pemberitaan kepulangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Paradigma Kritis dan Studi Kasus Instrumental. Adapaun teori yang digunakan yaitu Komodifikasi Isi dari teori Ekonomi Politik Vincent Mosco dengan pendekatan Analisis Wacana dari Teun A.van Dijk. Hasil penelitian ditemukan, Sindonews.com melakukan Komodifikasi Isi berita dengan    komoditas  kepopuleran, ketokohan, dan kasus hukum Habib Rizieq. Sehingga Sindonews.com berhasil memperoleh keuntungna berupa kenaikan jumlah Pageviews. Sedangkan temuan Analisis Wacana dalam berita, Sindonews.com  berusaha untuk menyampaikan berita dengan banyak angel dari pendukung Habib Rizieq dan petahana. Ditemukan juga subjektivitas wartawan dalam menulis berita. Relasi kuasa yang ditemukan di Sindonews.com. Newsroom memilik kuasa dalam menentukan tema berita dan memutuskan berita mana yang akan dipublikasikan

Referensi

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Penerbit Bintang.
Craig, Richard. 2005. Online Journalism. Canada: Wadsworth.
Gunawan., Imam.2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Heryanto, Gun-Gun. (2018). Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD.
. (2020). Realitas Komunikasi Politik Indonesia kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Hidayat, Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Dakwah dengan Pendekatan Kualitatif. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Ibrahim, Idy Subandi dan Bahrudin Ali Akhmad. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Litteljohn Stephen W. dan Karen A. Foss. 2011. Teori Komunikasi edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail, Dennis. (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Mosco, Vincent (2009). The Political Economy of Communication. California: Sage Publication Inc
Nasrullah, Rulli, (2020). Metode Penelitian Jurnalisme. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitati. cet. ke-26. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Romli Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Suwendra, I Wawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra.
Suhandang, Kustadi. (2007). Manajemen Pers Dakwah. Bandung: Penerbit Marja.
Vivian, John. 2008. Teori Komunikadi Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

INTERNET

Iwan Supriyatna. Tanpa Tahun. “Media Cetak mulai ditinggalkan, Masyarakat beralih ke Media Online”. Dalam https://www.suara.com/bisnis/2020/08/25/181636/media-cetak-mulai-ditinggalkan-masyarakat-beralih-ke-media-online.
Jonathan Patrick. 2020. “APJII catat pengguna internet di RI capai 196,7 juta”. Dalam https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201109200200-213-567803/apjii-catat-pengguna-internet-di-ri-capai-1967-juta
Kominfo. Tanpa Tahun. “Menkominfo: Baru 100 portal berita online terverifikasi”. Dalam https://kominfo.go.id/content/detail/12345/menkominfo-baru-100-portal-berita-online-terverifikasi/0/berita_satker.
Okenews. 2018. “Sindonews.com kian digemari, sehari dikunjungi 5 juta pembaca”. Dalam https://nasional.okezone.com/read/2018/01/19/337/1847649/sindonews-com-kian-digemari-sehari-dikunjungi-5-juta-pembaca.
Sindonews.com. Tanpa Tahun. “Sindonews.com profile”. Dalam https://index.sindonews.com/about/.

JURNAL
Dedi Fahrudin. 2014. “Konglomersi Media, Studi Ekonomi Politik Terhadap Media Group”. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia (JISI) Volume 1 nomor 2. Jakarta.
Indah Wenerda. 2015. “Ekonomi Politik Vincent Mosco oleh Media Online Entertainment Kapanlagi.com”. Vol. 3, No. 1.
Jurnal Aspikom. 2014. Volume 2 Nomor 3.
Diterbitkan
2023-08-26
Abstrak viewed = 131 times
PDF downloaded = 77 times