LITERASI MEDIA GERAKAN NIKAH DI INSTAGRAM
STUDI KASUS SEMINAR ONLINE PRA-NIKAH PADA AKUN @NIKAHINSTITUTE
Abstrak
Artikel ini memfokuskan pada kajian literasi media dalam kelas seminar online pra-nikah pada akun @nikahinstitue. Di tengah gencarnya gerakan nikah muda di sosial media instagram, nikah institue justru memberikan pengetahuan baru mengenai kehidupan rumah tangga. Dengan menggunakan metode deskriptif analitis, dan pendekatan fenomenologis, artikel ini menjelaskan dua hal. Pertama, wanita dan laki-laki memiliki pola komunikasi, bertindak, berucap, merasa, dan mendengar yang berbeda. Kedua, perbedaan sifat dasar suami-istri membuat keduanya saling menyesuaikan dan memahami sehingga timbul sikap saling menghargai. Dengan demikian, program kelas pra nikah online memberikan pengetahyan bahwa nikah bukan hanya persoalan zina, tetapi tentang kesiapan dalam membina dan membangun rumah tangga secara bersama-sama.
Referensi
Abdullah, Syamsuddin.(1997). Agama dan Masyarakat: Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Abdul Kodir, Faqihuddin. (2007). Hadith and Gender Justice: Understanding the Prophetic Traditions, Cirebon: Fahmina Institute.
Al-Bukhari. (1422 H). Shahih al-Bukhari, tt: Dar Thuq An-Najah,.
Ali, Mukti, dkk. (2015). Fikih Kawin Anak: Membaca Ulang Teks Keagamaan Perkawinan Usia Anak-Anak, -: Rumah Kitab.
An-Nasai, tt, Sunan An-Nasai, tt: Dar Ihya’ Al-‘Arabiyyah.
Fakhruroji, Moch. (2007). Dakwah di Era Media Baru: Teori dan Aktivitisme Dakwah di Internet, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Hamad, Ibnu. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Jakarta: Granit.
Hoover, M. Stewart dan Monica Emerich. (2011). Media, Spiritualities, and Social Change, Britain: MPG Books Group.
Ibn Muhammad Al-Husayni. (1995). Taqiyuddin Abi Bakr Kifayah al-Akhyar fi Halli Ghayah Al-Ikhtishar. Damaskus: Dar el-Khair.
Khumairoh, Izmy. (2018). Ayo Menikah (Muda)!: Mediatisasi Ajaran Islam di Media Sosial, Indonesian Jurnal of Anthropologi Umbara, Volume 2 (1) Juli 2017.
Kress, Gunther. (2003). Literacy in the New Media Age, USA dan Canada: Routledge.