PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT MUSLIMAH PERKOTAAN DI ERA MEDIA BARU
Abstrak
Perilaku keagamaan adalah reaksi berupa tindakan atas sebuah nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasi dari sebuah kelompok. Hijrah squad yang tergabung dalam kajian Musawarah merupakan salah satu bentuk perubahan perilaku keagmaan yang terjadi pada muslimah perkotaan. Mereka menunjukkan identitasnya melalui postingan intagram baik berupa pakaian muslimah yang syar’i, narasi-narasi yang mengandung keagamaan, dll. Perubahan ini akan terus terjadi seiring dengan repetisi yang terus dilakukan dalam rangka menguatkan pemahaman keagamaan baik dalam bentuk simbol ataupun narasi keagamaan.
Referensi
Abdullah, Syamsuddin.(1997). Agama dan Masyarakat: Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Dillon, Michele. (2003). Handbook of The Sociology of Religion. USA: Cambridge University.
Fakhruroji, Moch, (2007), Dakwah di Era Media Baru: Teori dan Aktivitisme Dakwah di Internet, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Hoover, Stewart M. (2001). Practicing Religion in The Age of The Media: Explorations in Media, Religion and Culture. New York: Columbia University Press.
Jamaludin, Adon Nasrullah. (2015). Agama & Konflik Sosial: Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme, dan Konflik Antarumat Beragama. Bandung: Pustaka Setia.
Johnson, Doyle Paul. (1988). Teori Sosisologi Klasik Modern. Jakarta: Gramedia.
Morgan, David. (2008). Key Words in Religion, Media, and Culture. New York and London: Routledge.
Pollack, Detlef, and Daniel V.A. Olson. (2007). The Role of Religion in Modern Societies. New York and London: Routledge.
Roberts, Keith A. (2004). Religion in Sociological Perspective. United States: Wadsworth.
Syahputra, Iswandi, 2017, Paradigma Komunikasi Profetik; Gagasan dan Pendekatan, Bandung: Simbiosa Rektama Media.
Turner, Bryan S. (1999).Religion and Social Theory. London: SAGE.
-------------------. (2010).Sosiologi Agama. Terjemah dari The New Blackwell Companion to The Sociology of Religion. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.