Adaptasi Dakwah Islam Di Media Online Era 4.0
Abstrak
Dakwah sebagai kegiatan komunikasi belakangan mengalami perkembangan yang cukup signifikan, hal itu ditandai dengan banyaknya perangkat digital dan media online yang dijadikan sebagai sarana dakwah. Menariknya, mad’u digital menjadikan media online sebagai rujukan utama dalam mencari sumber keagamaan menggantikan tradisi pesantren dengan mendatangi guru dan kiyai secara langsung.
Dakwah melalui media online perlu melakukan adaftasi, tidak hanya dari aspek teknologi dan perangkat digitalnya tetapi juga kontennya, sehingga mampu mencounter narasi-narasi minim refrensi yang beredar di media online, seperti hoaks, intoleransi atas nama agama, dan radikalisme. Apalagi menurut laporan Mapindo pada Januari 2021 dalam lima tahun terakhir menemukan 13.520 hoaks dengan total kerugian mencapai Rp 1, 17 Triliun, selain itu PPIM juga menemukan bahwa media online seperti media sosial dijadikan sebagai tempat untuk mentransmisi paham dan ideologi konservatif, fundamentalisme beragama, radikalisme, islamisme, hingga ekstremisme.
Artikel ini menyimpulkan bahwa, Dakwah media online harus bercorak inklusif, kemanusiaan, dan peradaban. Dakwah tidak lagi diartikan semata konversi tetapi juga proyek kemanusiaan dan peradaban. Selain itu itemukan juga, salah satu formulasi dakwah persuasif baik melalui media online maupun offline yaitu AIDDA yaitu, attention, interest, desire, decision, dan action. Selain itu juga konsep dari Oh Su Hyang yaitu C=QXPXR yaitu dalam proses komunikasi harus diawali dengan pertanyaan kemudian pujian dan reaksi.
Referensi
Belshaw, D. A. J. (2011). What is’ Digital Literacy’? A Pragmatic Investigation. Durham University.
Hyang, Oh Su. (2021). Bicara Itu Ada Seninya (Asti Ningsih ; Penerjemah). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Mujiburrahman. (2015). Agama, Media dan Imajinasi; Pandangan Sufisme dan Ilmu Sosial Kontemporer. Banjarmasin: Antasari Press.
Ismail, A. Ilyas. (2018). The True Da’wa; Mengagasa Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta : Prenamedia Group.
-------------------- 2008). Paradigma Dakwah Sayyid Quthub; Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah. Jakarta: Penamadani.
M. Munir. (2009). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.
Mahfuhz, Syekh Ali. (t.t). Hidayat al-Mursyidin ila Thuruq al-Wa’zh wa al-Khitabah. Beirut: Dar Al-Ma’rifah.
Mustofa, Saiful. (2020). Media Online Radikal dan Matinya Rasionalitas Komunikatif. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Nayyar, Sarita. (2016). Digital Media and Society: Implications in Hyperconnected Era. USA: World Economic Forum.
Omar, Toha Yahya. (2004). Islam dan Dakwah. Jakarta: PT. Al-Mawardi Prima.
Romli, Asep Syamsul M. (2014). Jurnalistik Online. Bandung : Nuansa Cendikia.
Zuhaili, Wahbah. (2008). al-alaqah al-duwaliyah fi al-Islam. Damaskus Suriah: Dar al-maktab.
Afriansyah, Anggi. (2021). “Konstruksi, Kontestasi, Fragmentasi, dan Pluralisasi Otoritas Keagamaan Indonesia Kontemporer” dalam Studia Islamika, Vol. 28, No. 1.
Ahmad, Amar, “Dinamika Komunikasi Islam di Media Online”, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 11, No.1, (2013).
Arifin, Ferdi, (2019).“Muballigh Youtub dan Komodifikasi Konten Dakwah” Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi,Vol. 4, No. 1, January – June, pp. 91 - 120, DOI: 10.22515/balagh.v4i1.1718 ISSN: 2527-5704 (P) ISSN: 2527-5682 (E).
Halimatusa’diyah, Lim. (2020). “Beragama di Dunia Maya: Media Sosial dan Pandangan Keagamaan di Indonesia.” PPIM UIN Jakarta. https://ppim.uinjkt. ac.id/download/beragama-di-dunia-maya-media-sosial-dan-pandangankeagamaan- di-indone/ 2020, iii. (April 22, 2021).
Hizbullah, Muhamad dan Apriyanti, Vonny. (2022) “ Dakwah Toleransi Gita Savitri Devi Feat Habib Husein Ja’far di Dunia Virtual: Analisis Chanel Youtub Gita Savitri Devi dan Jeda Nulis” dalam Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. Volume 5, No. 1.
------------------- (2018).“Dakwah Harakah Radikalisme dan Tantangannya di Indonesia” Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. Volume 29, No. 2.
Kencana, Woro Harkandi, dkk. (2022). “ Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online” Jurnal IKRAITH-HUMANIORA Vol 6 No 2 Juli.
Khasanah, Faizatun. (2019).“Metode Dakwah Gus Dur dan Revolusi Industri 4.0” dalam al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 4, No. 2, July-December.
Mahmuddin dan Nasriah, Siti. (2021).“Strategi dakwah dalam meminimalisir penyebaran informasi hoax di media sosial “ Jurnal Ilmu Dakwah Volume 41 No 2, h. 98 . lihat juga Bafadhal, O. M., & Santoso, A. D. (2020). Memetakan Pesan Hoaks Berita Covid-19 Di Indonesia Lintas Kategori, Sumber, Dan Jenis Disinformasi. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 235.
Rahman , Dudung Abdul. (2019). “Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial” Jurnal Balai Diklta Keagamaan Bandung, ISSN 20085-4005, Volume XIII Nomor 2 Tahun.
Tsaniyah , Naimatus & Juliana, Kannisa Ayu. (2019). “ Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks di Era Disrupsi” dalam Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 4, No.1, January-June.
Usman, Fadly, “ Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah” dalam Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), ISSN 2502-8294, Volume 1 (01).
“Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021” diakses melalui https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
Akun Instagram Abdul Somad, diakses melalui https://www.instagram.com/ustadzabdulsomad_official/?hl=id pada tanggal 15 Juni 2022.
Akun Instagram Hanan Attaki diakses melalui https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/usthananataki/ pada tanggal 15 Juni 2022.
Akun Instagram Aagym diakses melalui https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/aagym/ pada tanggal 15 Juni 2022.
Akun Instagram Gusmus diakses melalui https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/s.kakung/channel/ pada tanggal 15 Juni 2022.
Akun Instagram Ariel Noah diakses melalui https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/arielnoah/ pada tanggal 15 Juni 2022.
Akun isntagram Dedi Corbuzier diakses melalui https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/mastercorbuzier/ pada tanggal 15 Juni 2022.
Abdul Somad, “5 Ajaran Nabi Muhammad SAW” JANEPONTO. SULAWESI SELATAN”diakses melalui youtub https://www.youtube.com/watch?v=04-6sK197cs pada tanggal 16 Juni 2022.
Chanel youtub Abdul Somad diakses melalui https://www.youtube.com/c/UstadzAbdulSomadOfficial/about pada tangal 16 juni 2022.
https://hot.detik.com/celeb/d-2331558/kasus-tarif-dakwah-di-hong-kong-ustad-solmed-lebih-terima-dipolisikan