KOMUNIKASI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN HAJI DAN UMROH
Studi kasus pada PT. Albin Tour and Travel Jakarta Timur
Abstrak
Komunikasi pemasaran adalah proses manajemen yang menggabungkan semua elemen komunikasi pemasaran dan menerapkannya kepada audiens yang sesuai untuk meningkatkan koherensi merek. Persaingan yang ketat di dunia usaha menuntut perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Strategi pemasaran yang tepat untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah komponen eksistensi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bauran Komunikasi Pemasaran Travel Albin dengan teori McCharty 4p (Product, Price, Place, Promotion) dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umroh pada Travel Albin, mengetahui efek komunikasi pemasaran dalam peningkatan pelayanan pada Travel Albin, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat promosi Travel albin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik dan penelitian lapangan atau field research. Pengambilan data dan sumber data didapatkan dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumen. Hasil analisis dari wawancara yang penulis lakukan dengan Informan bahwa Travel Albin sudah menggunakan elemen bauran komunikasi pemasaran dalam meningkatkan pelayanan haji dan umrohnya, yaitu Produk, harga, distribusi, dan promosi. Ada beberapa kegiatan elemen bauran pemasaran yang harus dipertahankan dan dikembangkan, yaitu pelayanan Albin tour kepada jamaah haji dan umroh. Kegiatan ini dilakukan oleh Travel Albin dalam peningkatan citra positif perusahan. Beberapa elemen yang perlu ditingkatkan, yaitu kegiatan promosi. Penerapan personal selling Albin dalam promosi lebih efektif dibandingkan promosi dengan menggunakan sosial media. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa kegiatan bauran komunikasi pemasaran yang maksimal dapat memberi efek kualitas pelayanan serta memberi kepercayaan konsumen yang berdampak pada efek dalam pencapaian target perusahaan.
Referensi
Firmansyah, Anang, Komunikasi Pemasaran, Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2020.
Rumondang, Astri. dan Bonaraja Purba, Manajemen Komunikasi Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: Yayasan Kita Menuli, 2021.
Hariyanto, Didik, Komunikasi Pemasaran. Cetakan Pertama. Sidoarjo: Umsida Press, 2023.
Jurnal
Anggoro, Gilang Amri Dunan, dan Karman, “Bauran Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Destinasi Wisata Alam Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 25, No. 02, 2021
Iqbal, Muhammad, dan Alim Murtani, “Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Price Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Produk Umroh Pada PT. Mahabbah Islamic Tour Dan Travel.” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT) KITA, Vol. 08, No. 01, 2024.
Tamirano, Randi dan Zen, “Strategi Pemasaran Travel Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah.” Advances in Social Humanities Research Vol. 01, No. 04, 2023.
Eelang, Christian, “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado.” Jurnal Emba Vol. 01, No. 03, 2013.
Putri, Risca Pratama dan Fathurrohman Husen, “Pemasaran Bisnis Travel Haji Dan Umroh Berbasis Online Dan Kerja Sama.” Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Vol. 05, No. 02, 2023.
Subagiyo, Rokhmat dan Aqim Adlan, “Pengaruh Service Quality, Marketing Mix Dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Customer Loyalty.” Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 13, No. 01, 2017.
Wily Julitawaty, Frith Willy, and Thomas. . “. Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri.” Jurnal Bisnis Kolega Vol. 06, No. 01 (2020.
Achmad, Dyasc, Srikandi Kumadji, dan Yusri Abdillah, “Strategi Coverage, Distribution, Merchandising, Promotion Sebagai Upaya Peningkatan Sales Force Dan Revenu.” Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10, No. 01, 2014.
Mufidah, Eryul, “Harga (Price) Dalam Manajemen Pemasaran Islam,.”ttanwir: Jurnal Kaiian Keislaman dan Pendidikan Vol. 10, No. 01, 2019.
Kasman, Hendra, “Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Lafonte
Pada Pt Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru.” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 12, No.02, 2015
Wahyuni, Iryanti dan Sri Ernawati, “Analisis Pengaruh Product Assortment Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima.” Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol. 04, no. No. 01, 2020
Israhmawan, Januar. dan Damayanti Octavia, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kon Sumen Berbelanja Online Di Provinsi Pulau Jawa.” Jurnal Manajemen Indonesia Vol. 17, No. 02, 2017
Sinaga, Lidwina RA, dan Natasya Intan Pramanda, “Analisis Pengaruh Brand Name, Service Quality, Dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Miniso Tunjungan Plaza Surabaya.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Vol. 11, No. 01, 2018.
Achmad, Dyasc, Srikandi Kumadji, dan Abdillah, Yusri, “Strategi Coverage, Distribution, Merchandising, Promotion Sebagai Upaya Peningkatan Sales Force Dan Revenu.” Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10, No. 01, 2014
Lain-lain
Shohib Murtani, Direktur Utama PT. Albin Tour and Travel, Wawancara oleh Penulis Tentang Pelayanan, 14 Mei 2024
Kisai Khalaf, Direktur PT. Albin Tour and Travel, Wawancara oleh Penulis Tentang Pelayanan, 14 Mei 2024.
Laras Puspa, Divisi Divisi Tour, Visa, dan Ticketing PT. Albin Tour and Travel, Wawancara oleh Penulis Tentang Harga Produk, 14 Mei 2024..
Shohib Murtani, Direktur Utama PT. Albin Tour and Travel, Wawancara oleh Penulis Tentang Harga Produk, 14 Mei 2024.
Abdul Fahmi, Divisi Haji dan Umroh PT. Albin tour and Travel, Wawancara oleh Penulis Tentang Lokasi Distribusi, 14 Mei 2024.
Google Form. “Kuesioner Jamaah Haji Dan Umroh Yang Disebar Melalui Grup Whatsapp Alumni Umroh Dan Haji Albin Tahun 2022-2023,” May 7, 2023
Laras Puspa, Divisi Divisi Tour, Visa, dan Ticketing PT. Albin Tour and Travel,
Wawancara oleh Penulis Tentang Promosi, 14 Mei 2024\
Nurul Hayat Travel, “Hukum talangan umroh Haram atau Tidakhttps://nhumroh.com/hukum- talanganumroh/#:~:text=Hukum%20talangan%20umroh%2C%20Dana%20talangan, menghendaki%20pergi%20haji%20dan%20umrah