STRATEGI KOMUNIKASI REDAKSI WWW.FAKTAONENEWS.COM DALAM MENGHASILKAN BERITA YANG OBJEKTIF

  • Siti Miftahul Zannah Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman
  • Siti Muawanah IIQ Jakarta
Kata Kunci: strategi komunikasi, Redaksi, Media Online, Faktaonenews, new media

Abstrak

Perkembangan media digital pada berapa dekade ini mengalami perubahan yang cukup pesat membuat banyaknya persaingan diindustri media massa. Media online yang bermunculan di era digital ini menuntut redaksi faktaonenews memiliki strategi yang efektif untuk memenuhi kualitasnya. Ramainya media online yang bermunculan memiliki strategi yang berbeda- beda untuk melakukan transformasi sendiri sebagai langkah untuk mencapai sebuah tujuan media, taktik dalam membentuk posisi pasar dan mencapai sasaran target perusahaan, juga kebijakan agar dapat menjaga komitmen bagi para pelanggan setia media online serta meningkatkan isi dari kualitas berita itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh redaksi faktaonenews dalam menghasilkan berita yang objektif dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat faktaonenews dalam menghasilkan berita online.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. sumber data dalam penelitian ini adalah Pimpinan Redaksi, Kabiro Kota Tangerang dan Jurnalis faktaonenews. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori new media oleh Pierre Levy, karena media faktaonenews memanfaatkan new media berbasis internet untuk menyebarkan informasi kepada khalayak sebagai media berita online. Strategi komunikasi oleh media faktaonenews dalam menghasilkan berita yang objektif. Pertama pandangan interaksi sosial dan kedua pandangan integrasi sosial. Berdasarkan teori di atas dapat ditarik kesimpulan hasil dari penelitian lapangan dengan faktaonenews yaitu: 1. Strategi Pemilihan Isu Pemberitaan. 2. Strategi Penempatan Isu Pemberitaan dan 3. Strategi Penyajian dan Pengembangan Pemberitaan.

Referensi

Budyatna, M. (2006)). Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian. CV Jakad Publishing Surabaya: Surabaya.
kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Muhtad, A. S. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rkatama Media.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grafiindo Perada.
Reni Mustikasari, K. Z. (2021). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia dalam Mengatasi Persaingan Antar Media Online . Jurnal Common .
Romli, A. S. (2018). Jurnalistik Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.
Roudhonah. (2019). ilmu komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Setiawan, A. A. (2018). Metodologi penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, T. (2010). Politik Redaksi Berita: Menguak Latar Belakang Teks Berita Media. Bayumedia: Pustaka Kaiswan.
Zaenuddin. (Bandung). THE JOURNALIST Bacaan Wajib Wartawan, Redaktur, Editor & Para Mahasiswa Jurnalistik. 2011: Simbiosa Rektama Media.
Diterbitkan
2024-02-29
Abstrak viewed = 130 times
PDF (English) downloaded = 162 times