DAKWAH DIGITAL UNTUK GENERASI MILENIAL
Abstrak
Perkembangan teknologi melahirkan fenomena menarik dalam kehidupan masyarakat saat ini yaitu maraknya budaya global dan gaya hidup serba instan. Perkembangan teknologi mengakibatkan model dakwah semakin berkembang pesat dan dinamis dan dapat berpengaruh pada akhlak, moral generasi milenial yang dimana mereka pada fase proses mencari jati diri. Dengan perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri bahwa konten-konten berbau radikalisme, ekstrimisme dapat dengan cepat menyebar dan mampu memasuki semua lini. Studi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara agama dipahami dan dipraktikkan oleh generasi milenial dan bagaimana caranya dakwah dapat dilakukan di era milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara mendalam (in depth interview) dari beberapa informan yang telah ditentukan berdasarkan purposivesampling hasil studi menunjukkan bahwa agama dapat dimaknai sebagai pedoman hidup agar tidak melakukan kekacauan.
Referensi
Kristina, Ayu. (2017). Membumikan Nalar Kritis Akademis.Yogyakarta: UD Ruang Desain.
Marfu’ah, Usfiyatul. (2017) .“Strategi Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural”. Islamic Comunication Journal 2, no.2.
Muthmainah, Sitti. (2014). “Peran Dakwah Dalam Mengatasi KonflikKonflik Sosial Masa Kini” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 2.
Sukardi, Akhmad. (2016). “Metode Dakwah Dalam Mengatasi
Problematika Remaja” Al-Munzir 9, no. 1.
Muriah, Siti. (2000). Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Arifin. (1997) . Psikologi Dakwah Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Aziz, Moh. (2004). Ilmu Dakwah, Kencana. Jakarta.
Sanwar, Aminudin. (1985). Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.
Rizal Putri Paramitha, Cindy. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggal dalam Bidang Kuliner. Tesis. Semarang: Fak. Ekonomi UNDIP.
Taufiq. (2013). Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar Analisis dan Metode Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lina Hidayati, Miftakhul. (2018). Metode Dakwah K.H. Abdurrahman Navis Dalam Program Fajar Syiar Di Radio El-Victor Surabaya” . Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Rosyidi, Imron. (2015). “Komunikasi Dan Dakwah: Ihtiar Integrasi Keilmuan Dan Urgensi Kekinian”. Jurnal Madania 5, no. 1.
Uchjana Effendy, Onong. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.
Bandung: Citra Aditya Bakti.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.
Wilson, Bangun. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.