Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Proses Pembelajaran Luring Pasca Pandemi di RA Labschool IIQ Jakarta

  • Puput Nurhayati Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Hulailah Istiqlaliyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Teacher Role, Learning, Learning Interest, Early Childhood

Abstract

The purpose of this study is to describe the role of teachers in increasing children's interest in learning in the post-pandemic offline learning process in RA. Labschool IIQ Jakarta.  This  research usesn types of  qualitative research, in this approach it has a descriptive nature and is more likely to use analysis.  Data collection is carried out by means of observation, interviews, and documentation. The data analisis techniques are data reduction, data presentation and conclusion drawing.  The results of this study show that  the role of teachers can influence the increasing interest in children's learning in the post-pandemic offline learning process in RA. Labschool IIQ Jakarta compared to online learning, this can be seen when learning takes place students are very enthusiastic and enthusiastic.  Teacher RA. Labschool IIQ Jakarta has learned how its duties and roles are for early childhood. In addition, teachers have also used interesting and fun learning strategies and methods that are adapted to the age and circumstances of student.

References

Abas, Erjati (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Afliani Ludo Buan, Yohana (2020). Guru dan Pendidikan Karakter Sinergitas Peranan Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: CV. Adanu abimata.
Akbar, Eliyyil (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Al-Husain Muslim ibn Al-Hajjah Al-Qussairi An-Naisaburi, Abi. Shahih Muslim (1995.). Beirut: Muassasah ar-Risalah.
Al-Qur’an dan Terjemah Spesial For Women, Departemen Agama RI (2007). Jakarta:PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Ambarita, Jenri. Ester Yunati (2021). PAK dan Covid-19: Problematika Pembelajaran PAK Daerah Tertinggal. Indramayu: CV. Adani Abimata.
Ambarita, Jenri. Jarwati dan Dina Kurnia Restanti (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: Penerbit Adab.
Anggito, Albi dan Joan Setiawan (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anggriyani Uno, Winda (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan IPA Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Gorontalo: Cahaya Arsh Publisher dan Printing.
Anwar, M. Choiroel (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Arifin, Zainal (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Pradigma Baru. Bandung: Rosda Karya.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (2016). KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Daring, (Jakarta: Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi. Kemendikbud.go.id. 16 Juni 2022.
Bin ‘Isa bin Saurah bin Musa bin adl Dlahak, Muhammad (1988). (Beirut: Dar Al-Gharab Al-Islamiy. Kitab Al-Jami’ Al Kabir-Sunan At-Tirmidzi, Bab Keutamaan Berilmu Saat Menunaikan Ibadah.
Chatib, Munif (2018). “Pengantar” Kualitas Adalah Kunci Utama kemajuan bangsa, Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Cet. III; Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Departemen Agama RI (2007). Al-Qur’an dan Terjemah Spesial For Women. Jakarta:PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Dudung, Agus (2018). Kompetendi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Disertasi pscasarjana UNJ), Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, vol. 05 no 01. Oktober.
Fatha Almaqfiroh, Fifi. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV C Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo”. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel , Surabaya.
Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada, 2017.
Indonesia, Undang-undang tentang Guru dan Dosen, UU No. 14 Tahun 2015, pasal I.
Indrawan, Irjus. Iet al., eds (2019). Guru Sebagai Agen Perubahan. Jawa Tengah: Lakeisha.
Istijant (2010). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Isyana, Shiky. Peran Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Siswa TK Muslim dikota Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Iwan Kristiono, Zakarias dan Amin Mustajab. Dampek Pembelajaran Luring di Mas Pandemi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada mata Pelajaran IPS, Jurnal Eduekos Vol. X No. 2, Desember 2022, The Journal Of Social And Economic Education.
Kartikowati, Endang dan Zubaedi (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya. Jakarta: Kencana.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Menumbuh Kembangkan Minat Anak Sejak Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Seri Pendidikan Orang Tua: Mengembangkan Minat Anak Sejak Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Laeliyatul Iftitah, Selfi (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Makki, Ismail dan aflahah (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Pamaekasan: Duta Media Publishing.
Mamik (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Masitoh, Heny Djoehaeri dan Ocih Setiasih (2019). Strategi Pembelajaran TK. Tangerang Selatan: Uneversitas Terbuka.
Masnipal (2018). Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung, PT Rosda Karya.
Mertha Jaya, Made Laut (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Muljono, Djaali, Pudji (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, E (2019). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Muryati, Resi (2021). Proses Pembelajaran Daring/Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Dikelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Jambi.
Normawati, Syarifah (2019). Sudirman Anwar dan Selpi Indramaya, Etika dan Profesi Guru. Riau: PT Indragiri Dot Com.
Nurul Fadhilah, Annisa. Peran Guru Pada Proses Pembelajaran Luring Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Islam Perkemas Bandar Lampung. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.
Octavia, Shilpy A (2020). Model-model Pembelajaran. Daerah Istimewa Yogyakarta: Depublish.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Nomor 4 Tahun 2020. Jakarta: 24 Maret, 2020.
Pianda, Didi (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.
Prapat, Asmidar (2020). Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Upaya Menumbuhkan Perilaku Prososial. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rifma (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.
Rochajati, Siti (2020). Melahirkan Duta Baca: Strategi Peningkatan Minat Baca Siswa SD. Semarang: Pilar Nusantara.
Rodhi, Nofa Fenila (2022). Metodologi Penelitian. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Rosyidah, Masayu dan Rafika Fajira (2021). Metode Penelitian. Sleman: Deepublish Publisher.
Rusman (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saeful Rahmat, Pupu (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Safitri, Dewi (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indra Giri Dot Com.
Samiaji (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sleman: PT kanisius.
Setiawan, Andi (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Situmorang, Syafizal Helmi (2010). Analisis Data Untuk Riset Menejemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Shihab, M. Quraish (2012). Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Soemanto, Wasty (2012). Psikologi Pendidikan landasan Kerja Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suardi (2018). Belajar dan Pembelajaran. Daerah Istimewa Yogyakarta: Depublish.
Sugiono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, Dadan (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutopo, Ariesto Hadi (2021). Penelitian Kualitatif Dengan NVivo. Topaz Art.
Syafdaningsih. et. al (2020). Pembelajaran Matematika AUD. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Syahraini Barus, Mauliana (2020). “Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar anak dengan menggunakan media pembelajaran buku bergambar di TK An-Nuur kecamatan medan timur”. Skripsi Sarjana, fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Medan.
Tadkirotul musfiroh (2009) Menumbuh Kembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Triono, Agus (2020). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Trygu (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan hubungannya dengan minat belajar sisiwa. Indonesia: Guru Pedia.
Trygu (2021). Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Indonesia: Gurupedia.
Ukajat, Ajat (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Sleman: Deepublish.
Umrati dan Hengki Wijaya (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffary.
Wardan, Khusnul (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Deepublish.
Wulansari, dkk (2021). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Media Sains Indonesia.
Yamin, Martini (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.
Zulfajri, dkk (2021). Pendidikan Prasekolah. Tasikmalaya
Published
2023-07-31
Abstract viewed = 78 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 133 times