IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TK AL-FITYAN SCHOOL TANGERANG

  • Miftahul Fakhrah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Hulailah Istiqlaliyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Usmani Method, Al-Qur'an Learning, Early Childhood

Abstract

The research purpose was to describe the ability to read the Qur'an in Al-Fityan School Tangerang Kindergarten while applying the Usmani Method of learning the Qur'an. This research uses descriptive qualitative research. Methods of data collection were solved using observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that the implementation of the Usmani method in improving the ability to read the Qur'an at Al Fityan School Tangerang Kindergarten was running effectively as evidenced by the achievement of graduate targets, and the results of routine evaluations held, and the achievements of students at Al Fityan School Tangerang Kindergarten.

References

Afif, Nur (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Perspektif Al-Qur’an. Tuban: Karya Litera Indonesia. Cet. 1.

Afrizal (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aizid, Rizem (2016). Tartil Al-Qur’an Untuk Kecerdasan dan Kesehatanmu. Yogyakarta: Diva Press.

Akbar, Eliyyil (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Grup.

Anwar dan Arsyad Ahmad (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta..

Anwar, Effendi (2012). Bimbingan Tahsin dan Tajwid Al-Qur’an Ustmani Anak. Jakarta: Cahaya Qur’ani Press.

Arifin, Zainal (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bahri, Saiful (2009). Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an Usmani 1. Blitar: Pondok Pesantren Nurul Iman.

Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi (2005). Athfatlul Muslimin. Kaifa Rabbahumun Nabiyyul Amiin oleh. terj. Jamaal ‘Abdur Rahman. Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Bambang Warsita (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Dacholfany, M. Ikhsan dan Uswatun Hasanah (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Departemen Agama Republik Indonesia (2008). Al-Qur’an dan Terjemah. Jawa Barat: CV. Penerbit Diponegoro.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). NSPK: Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini..

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Drajat, Amroeni (2017). Ulumul Qur’an: Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Kencana.

Dwilestari, Ninin (2012). Penelitian Kualitatif PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Fakhruddin, Asef Umar (2010). Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.

Fathoni, Ahmad (2017). Petunjuk Praktis Tahsin Tartil Al-Qur’an: Metode Maisura -Menuju Muara Ilmu Tajwid Terpadu dan Komprehensif. Pamulang: Yayasan bengkel metode maisuro dan Pesantren takhassus IIQ Jakarta.

Hartono, Jogianto (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Andi.

Haryono, Cosmas Gatot (2020).Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada. 2017.

I Made Laut Mertha Jaya (2020). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Indonesia. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Ishak, Muhammad. Syafaruddin. dan Masganti Sit. “Pelaksanaan Program Tilawah Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MAS Al-Ma’sum Stabat.” Edu Riligia 1. No. 4. 2017.

Khon, Abdul Majid (2012). Hadis Tarbawi Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet. 2.

_____. Praktikum Qiro’at: Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qiro’at Ashim dari Hafash. (2008). Jakarta: Amzah.

Khuluqo, Ihsana El dan Istaryatiningtias (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Sulawesi Tenggara: Fenix Muda Sejahtera.

Kuntarto, Ninik M. (2010). Cermat dalam Berbahasa: Teliti dalam Berfikir. Jakarta: Mitra Wacana Media. Cet. 8.

Lubis, Rahmat Rivai. Et. al. Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid 19 Tinjauan Metode Dan Tujuannya Pada Masyarakat Di Kutacane Aceh Tenggara. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 4. No. 2. September. 2020.

M. Quraish Shihab (2013). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Meila Nur Indah Susanti (2010). Statistik Deskriptif dan Induktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mislan dan Edi Irwanto (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Komponen Aspek Klasifikasi Dan Model-Model Dalam Strategi Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Muhaemin. Al-Qur’an dan Hadis Untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. (2008). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Nasiruddin (2017). Cerdas Ala Rasulullah. Jogjakarta: A+ Plus Book.

Nata, Abuddin (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nizam, Abu. 2008. Buku Pintar Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media.

Pito, Abdul Haris (2019). Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan keagamaan. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. vol. 7 No. 1.

Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Qaththan, Manna Khalil. (2015). Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Rahayu, Aryuna Dini dan Mohammad Syahidul Haq (2021). “Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9. No. 1.

Ramayulis (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rokim. Et. al. (2021). Solusi Mudah dan Menyenangkan Belajar Al-Qur’an. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Qualitative Research Approach. Sleman: CV Budi Utama.

S. Rosegrant Bredekamp. Reaching Potentials Appropriate Curriculum And Assessment For Your Children. Vol. 1. Washington DC: NAEYC. 1992.

Sani, Ridwan Abdullah. (2020). Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta: Amzah.

Sumantri, Mohammad Syarif. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers. 2016. Ed. 1 Cet. 2.

Suriansyah, Muhammad Arsyad. Implementasi Metode Talaqqi Dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Sd Swasta Salsa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Fitrah: Journal of Islamic Education. Vol. 1 No. 2 Desember 2020.

Susanto, Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Cet. 1.

Syam, Suhendi. et. al. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Syarbini, Amirulloh. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tamrin, M. Isnando. Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Agama Non Formal Di Era Global. Menara Ilmu 13. No. 2. 2019

Tekan, Ismail. (2004). Tajwid Al-Qur’anul Karim: Pembahasan Secara Praktis, Populer, dan Sistematis. Jakarta: PT Pustaka Al-Husna Baru.

Widiasworo, Erwin. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press. Cet. 1.

Winarni, Ending Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
WJS. Poerwadarminta. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Yanggo, Huzaemah Tahido. et al. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi: Edisi Revisi 2021. Institut Ilmu Al-Qur‟an IIQ Jakarta. IIQ Press: Jakarta.
Yunus, Mahmud. (1983). Metodik Khusus Bahasa Arab. Jakarta: PT Hidakarya Agung.
Published
2022-12-30
Abstract viewed = 183 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 195 times