Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 pada Kelompok A di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan

  • Nur Aini Zaida Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Choiri Inka Firdani Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
Keywords: Learning Strategy, Covid-19 Disease, early childhood education

Abstract

The purpose of this study was to find out the strategies used by teachers in learning during the Covid-19 pandemic and after. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. This research is located at KB-RA Raushan Fikr, South Tangerang. used in KB-RA Raushan Fikr Group A during the Covid-19 pandemic is a direct learning strategy with two learning systems, namely online learning using the zoom meeting application and WhatsApp and also offline private class learning. The material made in learning at KB-RA Raushan Fikr group A is adjusted to the Standards for the Level of Achievement of Child Development (STTPA). The learning methods used at KB-RA Raushan Fikr during the Covid-19 pandemic were demonstration methods, storytelling methods, playing methods, and also lecture methods. learning media in the form of online such as using HP/laptop electronic media by using several learning support applications such as Zoom Meeting and WhatsApp and offline media such as using media in the surrounding environment, worksheets, and so on. The evaluation technique carried out at KB-RA Raushan Fikr group A used observation with daily notes, performance, work results, conversations, assignments, portfolios, and also anecdotal notes. 

References

Agustin, Mubiar, Ryan Dwi Puspita, dkk. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya, Vol. 5, No. 1, 2021).
Akbar, Eliyyil. Metode Belajar Anak Usia Dini: Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, 2020.
Amalia, Rizka. Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.
Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TK/RA. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2017.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2011.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2014.
Dinata, Nana Syaodih Sukma. Metode Penelitian Tindakan. Bandung : PT. emaja Rosda Karya, 2005.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini . Buku Saku “Penilaian Perkembangan Anak Selama Anak Belajar Dari Rumah”. Situs Resmi Kemendikbud, 2020.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, 2010.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Buku Saku “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”. Situs Resmi Kemendikbud, 2020.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Guslinda dan Rita Kurnia. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jaka Publishing Surabaya, 2018.
Hasrul, Muh. Jurnal “Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019”, Vol. 3, No. 2, 2020.
Haudi. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Iftitah, Selfi Lailiyatul. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan : Duta Media Publishing, 2019.
Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Izzaty, Rita Eka, Budi Astuti, dan Nur Cholimah. Model Konseling Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Kamus Versi Online, diakses pada 4 Juli 2021 pukul 11.20.
Kemendikbud. Surat Edaran Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan, Situs Resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), Situs Resmi Kementrian Pendidikan dan kebudayaan RI .
Kemendikbud. Surat Edaran No 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19: Versi Online.
Kemenkes. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-Ncov), Diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada 28 januari 2020.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: Versi Online, diakses pada 6 Juli 2020 pukul 18.49.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.
Khairi, Husnuzziadatul Khairi. Jurnal Warna “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun”, Vol. 2, No. 2, 2018.
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional: Tanya Jawab.
Kustiawan, Usep. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera, 2016.
Kusumawati, Naniek, dan Endang Sri Maruti. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2019.
L, Hewi, & Asnawati, L. Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lestari, Dwi Puji. Webinar “Inovasi dan Kreativitas Pembelajaran Jarak Jauh AUD”, Publikasi, 2021.
Mahasiswa IAIN Parepare. Sosialisasi dan Pendampingan Model Pembelajaran Jarak jauh (Online) Di Masa Pandemi Covid-19. T. tp. : IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.
Makki, Ismail, dan Aflahah. Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.
Manzilati, Asfi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press, 2017.
Maolani, Rukaesih A., dan Ucu Cahyana. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Marzuki, Ismail. Covid-19 Seribu Satu Wajah. Medan : Yayasan Kita Menulis, 2021.
Masnipal. Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Matdio. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”, Edisi Khusus, No. 1, 2020.
Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Mulyasa. Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Nuraeni. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA
Prisma Sains “Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini”, Vol 2, No 2
Nurani, Yuliani. Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: CV. Campustaka, 2019.
Nurlina dan Annisa Wulandari. Jurnal “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di TK Aisyiyah Bustanul Athfat 1”, cc00593883b58c0a00e4c8314e26f6d1.pdf diakses pada 20 Juni 2021.
Nurmadiah. Jurnal Al-Afkar “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini”, Vol. III, No. 1, 2015.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9 Tahun 2020.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Jurnal Respirologi Indonesia, Vol. 40, No. 2, (Jakarta Timur: PDPI, 2020).
Prapat, Asmidar. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya:
Edu Publisher, 2020.
Prapat, Asmidar. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publiser, 2020.
Quyumi, Elfi dan Moh Alimansur. Jurnal “Upaya Pencegahan Dengan Kepatuhan Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Relawan
Rahman, Habibu, Nia Kurniasari, dkk. Assesmen Pembelajaran PAUD. Yogyakarta : Hijaz Pustaka Mandiri, 2020.
Rahman, Habibu. Assesmen Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: Hijaz Pustaka Mandiri, 2020.
Rosanita, dkk. New Normal Era Dalam Berbagai Aspek Kehidupan. Yogjakarta: Zahir Publish, 2020.
Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian). Yogjakarta: Andi Offser, 2010.
Senior GMKI. The Power Of Love : Bunga Rampai Refleksi dan Pergulatan Pemikiran Di Era Pandemi Covid-19. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2020.
Suardi. Belajar & Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish, 2018.
Subana dan Sudrajat. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : Pustaka Setia, 2001.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukur, Moch Halim, Bayu Kurniadi, dkk. “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan”, Vol. 1, No. 1, 2020.
Surur, Agus Miftakus. Strategi Pembelajaran Dilengkapi Dengan Evaluasi Formatif. T. tp, : CV. AA. RIZKY, t.t.
Susilo, Adityo, dkk. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini”, 2020, diakses pada 17 Juni 2021.
Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam. Solo: Insan Kamil, 2017.
Virdyna, Nina Khayatul. Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.
Wawancara dengan Guru Kelas TK A RA Raushan Fikr, Ibu AH. Zoom Meeting, 15 Juni 2021.
Wawancara dengan Guru Kelas TK A RA Raushan Fikr, Ibu RY. RA Raushan Fikr, 12 Juni 2021.
Wawancara dengan Guru Kelas TK A RA Raushan Fikr, Ibu Y. WhatsApp, 17 Juli 2021.
Wawancara dengan Kepala Sekolah RA Raushan Fikr, Ibu RA. Zoom Meeting, 14 Juli 2021.
Widyawati. Jurnal Pendidikan Prodi PIAUD IAIN Bone “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-
19”, Vol. 2, No. 1, 2020.
Wijoyo, Hadion. Dosen Inovatif Era New Normal. Solok: Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Wiyani, Novan Ardy. Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta: Penerbit GAVA Media, 2017.
Yuliana. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, “Corona Virus Disease (Covid-19)” Vol 2, No. 1, 2020.
Published
2023-07-31
Abstract viewed = 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 125 times