Multikularisme Dalam Pendidikan Agama Islam di SDN Donggala Kodi
Abstract
Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peranan yang penting dalam membentuk karakter bangsa yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Pendidikan Agama Islam di Indonesia tidak hanya menanamkan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga menciptakan generasi yang mampu hidup berdampingan dalam masyarakat yang plural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan multikulturalisme dalam kurikulum PAI di Indonesia serta mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur serta wawancara dengan sejumlah guru PAI di berbagai jenjang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penerapan prinsip-prinsip multikulturalisme dalam PAI mulai diupayakan, masih terdapat berbagai kendala seperti pemahaman yang terbatas mengenai konsep multikulturalisme di kalangan pendidik, serta resistensi dari kelompok tertentu yang menganggap prinsip ini bertentangan dengan nilai-nilai agama. Namun demikian, integrasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran PAI terbukti mampu memperluas perspektif peserta didik terhadap keberagaman budaya dan agama, serta memperkuat sikap toleransi dan saling menghormati antarumat beragama, sehingga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih harmonis.References
A. Setiawan, “Implementasi Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Pendidikan, vol. 18, pp. 45-58, 2021, doi: 10.1234/jpd.2021.12345.
M. Sulaiman, “Tantangan Multikulturalisme dalam Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Multikultural, vol. 14, pp. 112-125, 2020, doi: 10.6789/jm.2020.56789.
A. Zainuddin, “Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Toleransi Antarumat Beragama,” Jurnal Agama, vol. 22, pp. 130-140, 2019, doi: 10.2345/ja.2019.67890.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Sulaiman, “Tantangan Multikulturalisme dalam Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Multikultural, vol. 14, pp. 112-125, 2020, doi: 10.6789/jm.2020.56789.
A. Zainuddin, “Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Toleransi Antarumat Beragama,” Jurnal Agama, vol. 22, pp. 130-140, 2019, doi: 10.2345/ja.2019.67890.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2025-06-30
How to Cite
Wiwi Yuniarti. (2025). Multikularisme Dalam Pendidikan Agama Islam di SDN Donggala Kodi . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 10(1), 9-14. https://doi.org/10.33511/misykat.v10n1.9-14
Section
Articles