Desain PAI Berbasis Evolusi Budaya

  • wahida mursalim wahida UIN datokarama palu

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk menggali pemahaman mengenai penerapan multikulturalisme dalam pembelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Arab dan Inggris, di Pondok Pesantren Al Istiqamah Ngatabaru. Studi pustaka ini dilakukan dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mengkaji berbagai literatur yang relevan dengan topik penelitian, baik dari buku, jurnal akademik, artikel, laporan penelitian, maupun sumber-sumber lainnya yang membahas multikulturalisme, pendidikan bahasa asing, dan kurikulum pesantren. Melalui metode ini, penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan multikulturalisme dalam konteks pendidikan Islam serta relevansinya dengan pengajaran bahasa asing di lingkungan pesantren.

Pencarian literatur dimulai dengan menelaah teori-teori dasar tentang multikulturalisme yang dikemukakan oleh para ahli dalam bidang sosiologi, antropologi, dan pendidikan. Beberapa referensi utama mencakup karya-karya yang membahas definisi multikulturalisme, penerapannya dalam sistem pendidikan, serta dampaknya terhadap sikap sosial dan toleransi antarbudaya. Selanjutnya, literatur yang membahas pengajaran bahasa Arab dan Inggris, serta integrasi budaya dalam pembelajaran bahasa asing, juga menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Referensi mengenai kurikulum pendidikan pesantren, khususnya yang mengaitkan pembelajaran bahasa dengan pengajaran nilai-nilai agama dan budaya lokal, juga dipertimbangkan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai pendekatan yang digunakan di Pondok Pesantren Al Istiqamah Ngatabaru.

Dalam menganalisis literatur yang telah terkumpul, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif-kritis. Teknik ini memungkinkan peneliti untuk tidak hanya mengidentifikasi dan merangkum isi dari literatur yang ada, tetapi juga untuk mengevaluasi dan mengkritisi penerapan konsep-konsep multikulturalisme dalam pembelajaran bahasa asing di pesantren. Selain itu, peneliti juga akan mencari hubungan antara teori-teori yang ada dengan praktik yang diterapkan di Pondok Pesantren Al Istiqamah Ngatabaru, khususnya dalam konteks interaksi antar santri dengan latar belakang budaya yang berbeda, serta bagaimana pengajaran bahasa asing menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman multikulturalisme.

References

Angrosino, M. (2007). Doing Cultural Anthropology.Waveland Press.
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Sosial dan Budaya Indonesia
Banks, J. A. (2016). Multicultural Education: Characteristics and Goals. In Multicultural Education: Issues and Perspectives. Wiley.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Statistik Pendidikan 2021. Jakarta: BPS.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Publications.SAGE
Fatimah, N. (2019). Pengaruh Konteks Budaya terhadap Motivasi Belajar Agama. Jurnal Pendidikan Agama, 12(2), 123-134
Hidayah, N. (2020). Peran Guru dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 15-30
Kurniawan, A. (2020). Peran Masyarakat dalam Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 5(1), 45-56.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Laporan Penelitian Pendidikan.
Nurhayati, S. (2020). Keterhubungan Materi PAI dengan Kehidupan Siswa: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Islam.
Nurhadi, A. (2021). Dialog Antarbudaya dalam Pendidikan: Membangun Toleransi dan Pengertian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahman, A. (2021). Pengaruh Budaya Lokal terhadap Pemahaman Agama Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 45-60.
Rahman, H. (2021). Integrasi Budaya dalam Pendidikan Agama: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 200-210.
Sari, R. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Agama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 100-115.
Setiawan, R. (2021). Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum Agama Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 15(4), 301-315.
Suhadi, M. (2020). Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Relevan dengan Budaya Lokal. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 9(1), 67-78
Yulianto, E. (2022). Keterkaitan Budaya dan Agama dalam Pendidikan. Jurnal Agama dan Budaya, 11(2), 150-160
Published
2025-06-30
Abstract viewed = 8 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 42 times
How to Cite
wahida wahida mursalim. (2025). Desain PAI Berbasis Evolusi Budaya. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.33511/misykat.v10n1.1-8