URGENSI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Arif Agus Mujahidin IIQ Jakarta
  • Aisyah Luthfi Hasanah IIQ Jakarta
  • Meti Andani IIQ Jakarta
  • Muh. Alif Kurniawan IIQ Jakarta
Keywords: Learning Media, Audio Visual, PAI Learning

Abstract

In the learning process, communication is the main medium used as the delivery of material by teachers to students. In the current pandemic conditions, teaching and learning activities are very dependent on an educator. An educator can use various tools to deliver material that is considered to be able to assist students in capturing and digesting every lesson delivered by the teacher, this tool is called learning media. In order for the teaching materials delivered to be accepted by students, appropriate media are needed and help in the process of delivering material, especially in PAI learning. Where this learning has an important role in the order of human life, and as an alternative to an image and sound-based media to convey Islamic religious education learning materials.

References

Aji, Rizqon Halal Syah, “Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran”, SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol.7, No.5, 2020.
Al-Yusra, Rizki, Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 1, 2019.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.
Bambang, Lestari, dkk, “Penerapan Pembelajaran Media AudioVisual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII A SMP
GKST Imanuel Palu:, dalam Jurnal Sains dan
Teknologi. Vol. 4 No. 1, 2015.
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Dewi, H. R, “Efektivitas Pembelajaran Ilmu Almiah Dasar (IAD) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Vol. 2 No.2, 2018.
Ermawati, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa
Kelas V SDN Kalianget Timur X”, dalam Jurnal
Pedagogia. Vol. 3 No. 2, 2014.
Jaelani, Ahmad, dkk, “Penggunaan Media Online dalam Proses
Kegiatan Belajar Mengajar PAI dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS. Vol. 8 No. 1, 2020.
Karlina, Hani, “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama”, dalam, Jurnal Literasi. Vol. 1 No.1, 2017.
Kurniawan, Muh. Alif, “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar”, dalam Jurnal Al-Misbah. Vol. 8 No. 2, 2020.
Melawati, “Implementasi Media Audio Visual Pada Sekolah SMP Al-Munib. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP”, Vol 2 No. 1, 2019.
Muhammad Zainuddin Atsani, Lalu Gede“Transformasi Media
Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19” dalam Jurnal Studi Islam. Vol. 1 No.1, 2020.
Nasution, S, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung:
Tarsito, 2003.
Nilakusmawati, Desak Putu Eka, dkk, Panduan Perancangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Siswa Tuna Rungu. Prodi Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, 2014.
Nurrita, Teni, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” dalam Jurnal Misykat. Vol. 3 No. 1, 2018.
Prasanti, Ditha, “Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan”, dalam Jurnal Lontar. Vol. 8 No. 1, 2018.
Purwono, Joni, dkk, “Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran” Vol. 2 No. 2, 2014.
Rahmat, Pupu Saeful, “Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium, Vol. 5 No. 9, 2009.
Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi Pembelajaran.
Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2012.
Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan”, dalam Jurnal PenSil. Vol. 6 No. 1, 2017.
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Salsabila, Unik Hanifah, dkk, “Urgensi Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, dalam Jurnal Insania. Vol 25 No 2, 2020.
Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2014.
Sudjana, Nana, Rivai, Ahmad, Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.
Triyadi, S, “Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, dalam Jurnal Pendidikan Unsika. Vol. 3 No. 1, 2015.
Wulandari, Fitri, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran
Audio-Visual Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta”, 2020.
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 60 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 89 times
How to Cite
Arif Agus Mujahidin, Aisyah Luthfi Hasanah, Meti Andani, & Muh. Alif Kurniawan. (2021). URGENSI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 6(2), 183-196. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2304