LIVING VALUES EDUCATION

Alternatif Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

  • Taufik Hidayatullah IIQ Jakarta
Keywords: Living Values, Pendidikan, Karakter, Ekstremisme

Abstract

Abstrak 

Fenomena ekstremisme kekerasan dan masalah-masalah sosial yang semakin meningkat meniscayakan perlunya pendekatan pendidikan yang bukan sekadar menekankan dimensi pengajaran semata, tetapi juga pada dimensi kemanusiaan. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam pendidikan karakter adalah Living Values Education (LVE). Pendekatan LVE tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan nilai (values), melainkan menggali dan menghidupkan nilai-nilai atau karakter murid dalam kehidupan. LVE menekankan pentingnya menggali nilainilai positif untuk membantu anak dalam menghadapi tantangan di kemudian hari, sehingga selain sebagai proses penyadaran yang berperan besar dalam melakukan transformasi sosial, LVE juga merupakan strategi maupun pendekatan baru dalam pendidikan. Kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara Pendidikan Islam dan Living Values Education, strategi pendekatan Living Values Education sebagai penguatan pendidikan karakter dalam Pencegahan Ekstremisme Kekerasan, serta relevansi Living Values Education bagi sistem pendidikan di Indonesia.

References

Achmad, Nur, Pluralitas Agama Kerukunan Dalam Keragaman, Jakarta: Gramedia, 2001.
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. Ruh al-Islam, Mesir:
Matba’ah Lajnah al-Bayan al-‘Arabi, 1964.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.
…………, Syed Muhammad Naquib, The Concept of Education inIslam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, KualaLumpur: ISTAC, 1999.
Al-Bukhariy, Ibn ‘Abdullah Muhammad ibn Isma`il ibn alMughirah ibn Bardizbah al-Ja`fiy. Sahihh al-Bukhariy, Juz IV. Beirut: Dar al-Fikr, 1993.
Al-Gazaliy, Imam. Ihya’ Ulum al-Din, Jilid III. Kairo: Dar alHadits, 2004.
Al-Jamali, Muhammad Fadhil, Nahwa al-Tarbiyah Mukminat,
Tunisia: al-Syirkat al-Tunisiyat li al-tauzi’, 1977.
Al-Qardawi, Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan AlBanna, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Al-Syaibaniy, Omar Muhammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
Anshari, Endang Saifuddin, Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam, Jakarta: Usaha Enterprise, 1976.
Anwar, M. Syafi’i. “Mengkaji Islam dan Keberagaman dengan Kearifan”, Al-Wasathiyyah, Vol 1, No. 2, 2006.
Arifin, Iis. “Urgensi Implentasi Pendidikan Multikultural di Sekolah”, Jurnal Insania Vol.12 No.2 Mei-Agustus 2007.
Arnold, Barbara, Jinks, Bigby. “Is There a Relationships between
Honor Codes and Academic Dishonesty”. Journal of College and Character Volume VIII, No. 2, Februari 2007.
Arthur, James, “Traditional Approaches To Character Education In Britain And America,” dalam Nuccy, Larry P dan Darcia Narvaez. Handbook Of Moral And Character Education, London: Routledge, 2008.



Aunillah, Nuria Isna, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Laksana, 2011.
Battistich, Victor, Character Education, Prevention, and Positif Youth Development, Illinois: University of Missouri, St Louis, 2007.
Berkowitz, M.W dan M.C. Bier, “What Works in Character Education?” Journal of Research in Character
Education, 5 (1), 2007.
Brown, David, Giving Voice to the Impacts of Values Education,
An Australian Government Initiative: Education
Services Australia, 2010.
…………, Giving Voice to the Impacts of Values Education: The Final Report of the Values in Action Schools Project, An Australian Government Initiative: Education Services Australia, 2010.
Dahlan, Abdul Azis, Suplemen Ensiklopedi Islam, Jilid I, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2003.
Damon, William, Bringing in A New Era in Character Education, California: Hoover Institution Press, 2002.
Dewantara, Ki Hajar, Pengajaran Budi Pekerti, Yogyakarta: Taman Murid, Bag.I. 1977.
Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010, Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
El-Fadl, Khaled Aboe, Cita dan Fakta Toleransi Islam Puritanisme versus Pluralisme, Bandung: Arasy, 2003.
…………, Khaled Aboe, Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority, and Women, Atas Nama Tuhan; dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2004.
Fadjar, A. Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
…………, A. Malik, Tinta yang Tak Pernah Habis, Jakarta: INTI, 2008.
Freire, Paulo, Pendidikan sebagai Praktek Pembebasan, Jakarta: Gramedia, 1984.
…………, Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan, Menggugat Pendidikan, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2003.
Hardjana, A. “Perilaku Konsumtif Masyarakat Kota di Negara
Berkembang”, dalam Sofyan Effendi, Sjafri Sairin, M. Alwi Dahlan (Eds.), Membangun Martabat Manusia; Peranan Ilmu-ilmu Sosial dalam Pembangunan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.
Hasan, Nor, “Full day School: Model Alternatif Pembelajaran bahasa Asing”, Jurnal Pendidikan Tadris. Vol 1. No 1, 2006.
Hidayatullah, Taufik, dkk, Panduan Sistem Peringatan dan Respons Dini untuk Pencegahan ektremisme Kekerasan, Jakarta: INSEP, 2019
Huda, Misbahul, Head of Educational Services and Co-curriculer
Madania, “Wawancara”, pada 17 Agustus 2016.
Jones, Pengantar Teori-teori Sosial: dari Teori Fungsionalisme hingga Post-modernisme, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2003.
Jurdi, Syarifuddin, Sosiologi Profetik: Invitasi Islam untuk Studi Sosial Kemanusiaan, Yogyakarta: Sarobah, 2009.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.
Jakarta: Kemendiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011.
Khomeini, Sistem Pemerintahan Islam, Jakarta: Pustaka Zahra, 2002.
Kilpatrick, William, Why Johny Can’t Tell Right from Wrong, New York: Simon and Schuster, Inc. 1992.
Kohlberg, Lawrence, The Psychology of Moral Education: Essays on Moral Development, New York: Harper and Row, 1984.
Langgulung, Hassan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al- Ma’arif, 1980.
…………, Hassan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke 21,
Bandung: al- Ma’arif, 1980.
Levine, Stewart, Getting to Resolution: Turning Conflict into Collaboration, San Fransisco: Berrett Koehler
Publishers Inc, 1998.
Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1991.
Machalli dan Imam Musthofa, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2004.
Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban Sebuah
Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan, Jakarta: Paramadina, 1992.
Massignon, Louis, La Passion d’al-Housayn-ibn-Mansur alHallaj, Paris: Paul Geuthner, 1922.
Mazzola, J. W, Bullying in school: a strategic solution. Washington DC: Character Education Partnership, 2003.
Morton, Deutsch dan Peter T, Coleman. The Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice, San Fransisco: Jossey-Bass Publisher, 2006.
Mursyi, Muhammad Munir, al-Tarbiyah al-Islâmiyah, Kairo: Dảr al-Kutub, 1977.
N.L., Gage dan Berliner, D, Educational Psychology, Chicago: Rand Mc. Nally, 1999.
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali press, 2001.
Nurdin, Muhamad, “Internalization of Islamic Values in Shaping Consciousness to Anticorruption Through Curriculum
Development in Secondary Schools”, International Journal of Scientific and Technology Research, Vol. 2 (2), 2013.
Nurlatifah, Mega, Implementasi Pendidikan Karakter di Beberapa Negara dan Perbedaannya dengan
Implementasi di Indoneisa, Surakarta: Educasi, 2014.
Pattaro, Chiara, “Character Education: Themes and Researches An Academic Literature Review”, Italian Journal of Sociology of Education, 8 (1), ISSN 2035-4983. Italy: Padova University Press, 2016.
Pemerintah Republik Indonesia, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025,
Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2010.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.
Robb, W. “What is Value Education and So What?” The Journal of Values Education, Vol. 1, January, 1999, 1-13.
Said, Edward, Orientalism, New York: Vintage Books, 1979.
Sukmadinata, Nana Syaudih, Metode Penelitian, Bandung:
Rosdakarya, 2006.
Susanti, Chistina Esti. “Neraca Pendidikan Model Full Day School” dalam Jawa Pos dalam Prokon Aktivis, Selasa 13 Maret 2007.
Syafi’udin, Nanang, “Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Sejak Dini” dalam Jawa Pos dalam Prokon Aktivis, Sabtu 17 Maret 2007.
Syarif, Islamic and Educational Studies, Lahore: Institute of Islamic Culture 1976.
Syarifuddin, Amir, Meretas Kebekuan Ijtihad: Isu-isu Penting tentang Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Tilaar, H.A.R, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta: Grasindo, 2002.
Tillman, Diane dan Diana Hsu, Living Values Activities for Children Age 3-7, New York: Health Communication, Inc., 2001.
…………, Diane, Living Values Activities for Young Adults, New York: Health Communication, Inc., 2001.
…………, Diane, Living Values Educator Training Guide: Living Values: An Educational Programme, New York:
Health Communication, Inc., 2001.
Wafi, Ali Abd. Al-Wahid, al-Huriyah fi al-Islam, Mesir: Dar alMa’arif, 1968.
Wibowo, Agus, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktek Implementasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan,
Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 37 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 33 times
How to Cite
Taufik Hidayatullah. (2019). LIVING VALUES EDUCATION. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 4(2), 87-126. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2254