KOHESI METODE TAMYIZ DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN TAKHASSUS BAYT TAMYIZ INDRAMAYU

  • Esi Hairani IIQ Jakarta
  • Nadjematul Faizah IIQ Jakarta
  • Muzayyanah IIQ Jakarta
  • Nur Izzah IIQ Jakarta
Keywords: Tamyiz, Kohesi, Bahasa Arab, Pesantren

Abstract

Diversitas metodologi dalam mempelajari bahasa Arab dan aspek terkait lainnya telah banyak diproklamirkan oleh beberapa cendikiawan, mulai dari metodologi yang bersifat klasik (metode iqra`, qira`ati, baghdadi, al-barqi, maisura, amsilati)  hingga metodologi yang berbasis elektronik). Dan salah satu metode yang masih eksis sampai saat ini adalah metode Tamyiz yang diaplikasikan pada pembelajaran teori dasar nahwu-shorof di Pesantren Takhasus Bayt Tamyiz di Indramayu. Hasil  penelitian ini diketahui bahwa metode Tamyiz memiliki pebedaaan dengan metode  bahasa Arab lainnya, yaitu dengan mempelajari segala hal tentang bahasa Arab dengan hanya memformulasikan teori dasar nahwu-shorof quantum dengan cara pembelajaran yang mudah (easy) dan menyenangkan (fun), adapun langkah metodis dalam metode Tamyiz adalah sebagai berikut : pertama, menghadirkan guru dalam kelas sebagai fasilitator, kedua, metode Tamyiz tidak ada ijazah, dikatakan mampu adalah dengan mengajarkan para juniornya dengan dimonitoring dan evaluasi dari Ustadz, ketiga, memaksimalkan metode menghafal dan mengulangnya, keempat, dielaborasi dengan metode madkhal, manhaj, kelima, tutorial sebaya atau teknik scaffolding atau gunakan  kawan sesama murid yang lebih ahli sebagai guru, keenam, kelas formal SMP dibagi berdasarkan jenjang semester kurikulum nasional pendidikan dan dipisah dalam waktunya lalu dilakukan tamyiz tersendiri, ketujuah, metode pembelajaran Tamyiz juga aplikasikan pada mata pelajaran umum lainnya, dan  kedelapan, tamyiz Icon Indramayu masih belum optimal karena tidak mengikuti sistem pembelajaran Tamyiz sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh penemu metode Tamyiz Abaza, MM. 

References

Abaza, Tamyiz; Anak kecil saja bisa yang pernah kecil pasti bisa pintar Tarjamah Al-Qur‟an dan kitab kuning, cet. Ke 12 efdisi revisi 2018, Indramayu : Tamyiz Publising, 2018.
E-Journal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/436/411,tahun 2016.
Halim, Abdul, Muhammad, Metode Tamyiz dan Kamus Kawkaban, Purwokerto : Komunitas Tamyiz
Purwokerto, 2013.
Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, Edisi April 2018
Muhtadi, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab, Media dan Metodemetodenya, Yogyakarta : Sukses Offset, 2009.
Pribadi, Beny A, Model Desain System Pembelajaran, Jakarta: PT. Dian Rakyat, 2009.
Ratih, Arini Rena, Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah Agama Islam, Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2013.
Roscoe, R.D., & Chi, M.T.H, Understanding tutor learning: Knowledge Building and Knowledge telling in peer tutor‟s explaination and questions. Review of education research, 2007.
Santrock, W. John, Psikologi Pendidikan, Prenada Media Grup, cet. ke II tahun, 2008.
Sujana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo, 2005.
Woolfolk, A. Educational Psychology, USA: Pearson education, Inc. 2007.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1997.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 18 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 8 times
How to Cite
Esi Hairani, Nadjematul Faizah, Muzayyanah, & Nur Izzah. (2018). KOHESI METODE TAMYIZ DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN TAKHASSUS BAYT TAMYIZ INDRAMAYU . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(2), 99-124. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2233