CORE ETHICAL VALUES PENDIDIKAN KARAKTER

(Berbasis Falsafah Negara)

  • Dian Widiantari IIQ Jakarta
Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Falsafah Negara

Abstract

Karakter adalah kesatuan antara pola pikir (logos), nurani (ethos), dan sikap (patos). Karakter adalah nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan, manusia, lingkungan, kebangsaan dan dirinya sendiri yang tercermin dalam fikiran, sikap, perasaan, perkataan, perbuatan berdasarkan norma agama, hukum, tata karma, budaya dan adat istiadat. Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai luhur kepada anak didik untuk mewujudkan pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Karakter bangsa merupakan cerminan karaktersitik warga negaranya  yang beragam budaya. Oleh karena itu karakter bangsa dibentuk berdasarkan nilai-nilai tradisi budaya masyarakat dan berdasarkan nilai luhur yang bersifat umum dan dapat diterima oleh semua masyarakat. Pancasila merupakan falsafah Negara Indonesia yang merupakan sumber dari segala sumber hukum. Oleh karena itu pancasila dijadikan sebagai salah satu core ethical values dalam mewujudkan pendidikan karakter di Indonesia.

References

Langeveld, M.J, Menuju Kepemikiran Filasafat, Jakarta: Pembangunan Jakarta, 1979.
Lickona, Thomas, Educating for Character. How Our School can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1991.
Mulia, Musdah, Karakter Manusia Indonesi, Bandung: Nuansa Cendekia, 2013.
Musfiroh, Tadkiroatun, Character Building, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Noor, Syam Mohammad, Filsafat Pendidikan Dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Oszaer. R, Notanubun. Z, Laurens.T, Tjiptabudy. J, Madubun. J, Model Pendidikan Karakter Berwawasan Kebangsaan Dan Berbasis Budaya Lokal. Badan Penerbit Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Bpfp-Unpatti), Ambon, 2011.
Puar, Yusuf A, Amd Pancasila, 1976.
Rukiyati, dkk, Pendidikan Pancasil, Yogyakarta: UNY press, 2011.
Santroock, J.W, Educational Psychology, 3nd Edition, New York: Mc. GrowHill Companies, inc, 2008
Soetomo, Achmad Fauzi, et.al, Pancasila Ditinjau dari Segi Sejarah, Segi Yuridis dan Segi Filosofis, Malang, Universitas Brawijaya, 1983.
Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Pendidikan Budi Pekerti dalam Persepektif Perubahan: Menggagas Plat form Prndidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 15 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 15 times
How to Cite
Dian Widiantari. (2017). CORE ETHICAL VALUES PENDIDIKAN KARAKTER . MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 2(2), 21-38. Retrieved from https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2212