Service Excellent Bagi Fintech Syariah di Tengah Kondisi Covid-19

  • Trimulato Trimulato Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Asyraf Mustamin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ismawati Ismawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Service Excellent, Fintech Syariah, Virus Covid-19

Abstract

Telah hadir financial Technologhy (fintech syariah) akses keuangan dengan memafaatkan teknologi, sesuai prinsip syariah. Fintech syariah masih terbilang baru, sehingga peluang untuk dapat berkembang masih terbuka. Adanya wabah covid-19 memberikan dampak kurang baik bagi fintech syariah khususnya fintech syariah peer to peer lending (P2P). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan fintech syariah dan untuk mengetahui pola service excellent  fintech syariah di tengah wabah covid-19. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data  penelitian ini  menggunakan data sekunder telah ada sebelumnya, dari berbagai sumber yang dianggap sesuai tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan deksriptif kualitatif, menggambarkan hasil analisis dari data diperoleh terkait perkembangan fintech syariah dan service excellen untuk fintech syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asset fintech syariah jenis fintech lending syariah pada periode april sebesar 50,591,727,786, atau mengalami penurunan sebesar 0,05 persen. Jumlah pelaku fintech syariah (P2P) sebanyak 12 perusahaan. Bentuk service excellent yang dilakukan fintech syariah di tengah wabah covid-19 yaitu meningkatakan penawaran menarik dan promo-promo yang dapat meningkatkan investor atau pihak pendana. Kemudian memperkuat silaturahim, memberi nasehat, serta membantu memasarkan produk-produk nasabah penerima dana. Bentuk service excellent fintech syariah di tengah wabah covid-19 berbeda dengan kondisi normal sebelum adanya virus covid-19.

References

Alwi, A. B. (2018). Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi (Fintech) yang Berdasarkan Syariah. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan
Pembaharuan Hukum Islam.
https://doi.org/10.15642/alqanun.2018.21.2.255-271
Ansori, M. (2019). Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman.
Apriliawati, M., & Suminar, R. (2017). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa di Sempoa SIP TC Paramount Summarecon. Sekretari.
Baihaqi, J. (2018). Financial Technology Peer-To-Peer Lending Berbasis Syariah di Indonesia. Tawazun : Journal of Sharia Economic Law.
Fahlefi, R. (2018). Inklusi Keuangan Syariah Melalui Inovasi Fintech Di Sektor Filantropi. In Batusangkar International Conference III (pp. 205–212). Batusangkar International Conference III, October 15-16, 2018.
Fintech, T. G. (2017). Kajian Bisnis Fintech Syariah. Telkom Digital Services. https://doi.org/10.1111/j.1365-2966.2008.13419.x
Fitria, H. (2012). Strategi Servis (Pelayanan Prima) Bank Syariah Terhadap Nasabah Non-Muslim (Studi Kasus Pada Bpr Syariah Amanah Ummah). Al Infaq, 3(1), 58–95.
Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2020).
Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Technology) Syariah di
Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.
https://doi.org/10.29040/jiei.v5i3.578
Muchlis, R. (2018). Analisis SWOT Financial Technology (Fintech) Pembiayaan Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus 4 Bank Syariah Di Kota Medan). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam. https://doi.org/10.30821/ajei.v1i1.2735
Mukhlisin, M. (2020). FinTech Syariah di Indonesia dan Pandemi Covid.
https://sharianews.com. https://sharianews.com/posts/fintechsyariah-di-indonesia-dan-pandemi-covid-19
Nizar, M., & Soleh, B. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Islam, 8, 257–276.
Rismayanti, R., & Hurriyati, R. (2017). PELAKSANAAN SERVICE
EXCELLENCE BADAN USAHA BPJS KESEHATAN KCU
BANDUNG. Journal of Business Management Education (JBME). https://doi.org/10.17509/jbme.v1i2.5971
Rusydiana, A. (2019). Bagaimana Mengembangkan Industri Fintech Syariah di Indonesia? Pendekatan Interpretive Structural Model (ISM). Al-Muzara’ah. https://doi.org/10.29244/jam.6.2.117-128
Sadari, & Hakim, A. (2016). Revitalisasi Keuangan Inklusif dalam Sistem Perbankan Syariah di Era Financial Technology. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking.
Bastiar. Z. SERVICE EXCELLENT DALAM RANGKA MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN. (2010). Manajerial. https://doi.org/10.17509/manajerial.v9i1.1211
Setyaningsih, E. D. (2018). Analisis SWOT Implementasi Financial Technology Syariah pada PT Telkom Indonesia. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.
https://doi.org/10.35448/jiec.v2i2.4386
Wathani, M. Z., & Kurniasih, A. (2015). Konsep Service Excellence
Perbankan Syariah Berdasarkan Al-Qur’an. Nisbah: Jurnal
Perbankan Syariah, 1(1), 1. https://doi.org/10.30997/jn.v1i1.245
Wijaya, R. Y. (2020a). Bisnis Fintech Syariah Belum Bisa Melesat.
republika.co.id. https://republika.co.id/berita/q44o79383/bisnisfintech-syariah-belum-bisa-melesat-ini-penyebabnya
Wijaya, R. Y. (2020b). Bisnis fintech syariah terganggu wabah corona. https://keuangan.kontan.co.id/.
https://keuangan.kontan.co.id/news/bisnis-fintech-syariahterganggu-wabah-corona
Yarli, D. (2018). Analisis Akad Tijarah Pada Transaksi Fintech Syariah
Dengan Pendekatan Maqhasid. YUDISIA : Jurnal Pemikiran
Hukum Dan Hukum Islam.
https://doi.org/10.21043/YUDISIA.V9I2.4766
Published
2020-08-23
Abstract viewed = 354 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 196 times
How to Cite
Trimulato Trimulato, Asyraf Mustamin, & Ismawati Ismawati. (2020). Service Excellent Bagi Fintech Syariah di Tengah Kondisi Covid-19. Al-Mizan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 4(2), 13-34. https://doi.org/10.33511/almizan.v4n2.13-34